Rancang Bangun Sistem Keamanan Sepeda Motor Menggunakan Arduino Nano Dan Android Via Bluetooth

  • Maria Theresia Indriastuti Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang
  • Samsul Arifin Institut Asia
  • Nur Fadhilah Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang
  • Tria Aprilianto Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang

Abstract

Tingginya kasus pencurian sepeda motor menyebabkan kekhawatiran di kalangan pengguna sepeda motor. Pencurian sepeda motor bisa terjadi di mana saja dan kapan saja. Pencurian dapat dilakukan karena menggunakan kunci T atau menggunakan cairan kimia umum yang disebut setan. Meskipun pabrik telah menyediakan kunci stang dan kunci magnetik (seri sepeda motor baru) tetap saja pencurian dapat terjadi.


Sistem keamanan ini terdiri dari beberapa perangkat keras yang saling berhubungan yang menggunakan Arduino Nano, sensor getaran, modul SIM800l untuk mengirim Short Message Service (SMS), smartphone android dan modul bluetooth sebagai komunikasi antara android dengan arduino, juga menggunakan modul relay sebagai penghubung antara Arduino dan listrik sepeda motor.


Dari hasil pengujian sistem secara keseluruhan dan tingkat keamanan sistem, hal ini menunjukkan bahwa sistem mampu memberikan peringatan dalam bentuk SMS gateway dan menyalakan klakson ketika mendeteksi getaran atau mendeteksi perubahan. kondisi dari OFF ke ON di rumah kunci, dan sistem dapat mengubah kondisi OFF ke ON di kunci rumah dengan menggunakan ponsel android tanpa kunci kontak manual.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Doni, F.R. & Widianto T. 2015, Rancangan Pengaman Sepeda Motor Berbasis Mikrokontroler Atmega16 Dengan Kontrol Android, (Online), Vol. 3, no. 1, (ejournal.bsi.ac.id/.../29-36_Fahlepi_Roma_Doni_Triadi_widianto , diakses 17 April 2017).
Fauzi, Achmad. 2017, Rancang Bangun Security System Motorcycle (SESMOT) Berbasis Jaringan Mobile GSM. Skripsi Tidak Diterbitkan. Malang: STMIK Asia Malang.
Kholilah, Ika & Al Tahtawi A.R. 2016, Aplikasi Arduino-Android untuk Sistem Keamanan Sepeda Motor, (Online), Vol. 1, no. 1, (http://jtera.polteksmi.ac.id/index.php/jtera/article/ download/9/7, diakses 22 April 2017).
Muttaqin, Zaenal. dkk. 2015, Jurnal Ilmiah Media Processor, Perancangan Sistem Keamanan Sepeda Motor Menggunakan Bluetooth, (Online), Vol. 10, no. 2, (processor.stikom-db.ac.id/index.php/processor/article/ download/80/82, diakses 23 April 2017).
Suwanto, Thomas. dkk. 2016, Jurnal Ilmiah Widya Teknik, Aplikasi Kontrol Sepeda Motor Menggunakan Bluetooth Pada Smartphone Android, (Online), Vol. 15, no. 2, (http://journal.wima.ac.id/index.php/teknik/article/view/918, diakses 18 April 2017).
https://www.arduino.cc/en/Guide/LilyPadWindow
Published
2020-02-10
How to Cite
INDRIASTUTI, Maria Theresia et al. Rancang Bangun Sistem Keamanan Sepeda Motor Menggunakan Arduino Nano Dan Android Via Bluetooth. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, [S.l.], v. 14, n. 1, p. 19-30, feb. 2020. ISSN 2580-8397. Available at: <https://jurnal.stmikasia.ac.id/index.php/jitika/article/view/425>. Date accessed: 23 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.32815/jitika.v14i1.425.