Implementasi Sistem Pakar Untuk Mengetahui Bakat Anak Melalui Tes WISC (Wechsler Intelligence Scale For Children) Menggunakan Metode Forward Chaining

  • Akhlis Munazilin Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer ASIA Malang

Abstract

Untuk mengetahui bakat anak, dapat dilakukan melalui tes WISC (Wechsler Intelligence Scale For Children). Tes WISC telah dipatenkan dan diakui secara internasional. Tes WISC merupakan kemajuan penting dalam mengembangkan alat-alat psikodiagnostik. Dalam kenyataan test ini masih ada kendala. Untuk itu, dapat diambil solusi alternatif dengan mengintegrasikan tes WISC dengan sistem berbasis komputer. Hal tersebut dapat dilakukan dengan memasukkan pengetahuan seorang pakar dan aturan dalam tes WISC ke dalam sistem berbasis komputer. Ini berarti menggabungkan dua bidang disiplin ilmu yaitu bidang psikologi (menentukan bakat melalui tes WISC) dan bidang informatika (sistem pakar dengan metode forward chaining). Penelitian ini bertujuan untuk mempermudah pelaksanaan test dan menjamin hasil test yang lebih akurat. Hasil penelitian ini disimpulkan dari dominasi bakat yang dimiliki user/testee. Keakuratan sistem mencapai diatas 80 % sehingga sistem pakar ini cukup baik untuk membantu psikolog/tester tes WISC.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2013-02-01
How to Cite
MUNAZILIN, Akhlis. Implementasi Sistem Pakar Untuk Mengetahui Bakat Anak Melalui Tes WISC (Wechsler Intelligence Scale For Children) Menggunakan Metode Forward Chaining. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 16-28, feb. 2013. ISSN 2580-8397. Available at: <https://jurnal.stmikasia.ac.id/index.php/jitika/article/view/64>. Date accessed: 26 apr. 2024.