Pengaruh Desain Poduk Terhadap Tingkat Penjualan

  • Windarini Cahyadiana STMIK ASIA MALANG

Abstract

Seiring perkembangan jaman dan perkembangan tingkat pendidikan manusia, maka semakin meningkat pula harapan seseorang terhadap nilai sebuah produk. Konsumen semakin selektif dan memiliki harapan besar terhadap produk yang akan dipakai atau dibelinya. Sehingga, setiap pemilik produk saling bersaing dan berlomba untuk memenuhi harapan, keinginan, dan kebutuhan konsumen. Salah satu strategi yang dilakukan oleh para pemilik modal adalah dengan mendesain produk mereka semenarik, seunik, dan sekreatif mungkin. Sebuah produk yang memiliki desain yang unik, menarik, dan memiliki daya tarik akan membuat produk tersebut memiliki nilai jual lebih, dibanding produk sejenis lainnya. Jika sebuah produk mampu membuat konsumen melakukan tindakan pembelian, maka produk tersebut dapat dikatakan mampu memenuhi kebutuhan, keinginan, dan harapan konsumen, serta mampu mendukung pencapaian tujuan pemilik produk, yaitu mencapai tingkat penjualan yang tinggi guna mencapai maksimal profit. Itulah sebabnya para pemilik produk berupaya semaksimal mungkin mengerahkan seluruh kemampuan dan kreatifitasnya guna menanpilkan produk dengan desain yang sangat unik, menarik, serta memiliki keunggulan dan daya saing, agar produk mereka mampu memiliki tempat dihati konsumen. Desain produk yang mampu memikat hati konsumen dan memiliki nilai jual adalah desain produk yang Playability, Simplicity, dan Practiced Skill.

References

Albertus Agastya M. Pengaruh Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sepatu Futsal Specs di Kota Bandung.

Kotler, Phillip dan Gary Amstrong. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Made Laksmi Saraswati1, Ari Pradhanawati, Wahyu Hidayat. Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kampung Batik Wiradesa, Kabupaten Pekalongan.

Mahmud, Eko Agus Alfianto. Pengaruh Desain Produk Dan Layanan Purna Jual Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Sepeda Motor Yamaha Merek NEW V-IXION FI (Full Injection)

Padmantyo, Sri, Eko Purnomo. Pengaruh Desain Produk dan Promosi Terhadap Volume Penjualan Pada Industri Batik (Studi Pada Industri Batik di Kabupaten Sragen)
Published
2018-05-30
How to Cite
CAHYADIANA, Windarini. Pengaruh Desain Poduk Terhadap Tingkat Penjualan. Jurnal Desain Komunikasi Visual Asia, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 1-8, may 2018. ISSN 2597-4300. Available at: <https://jurnal.stmikasia.ac.id/index.php/jeskovsia/article/view/312>. Date accessed: 03 july 2024. doi: https://doi.org/10.32815/jeskovsia.v2i1.312.