A PERANCANGAN REBRANDING JAVA LOENPIA SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.32815/jeskovsia.v5i1.568Abstract
Lunpia merupakan makanan khas legendaris kota Semarang yang merupakan ibu kota Jawa Tengah. Lunpia adalah makanan hasil nyata akulturasi budaya Tiongha dan budaya Jawa yang sudah turun menurun diwariskan dan dikenal oleh masyarakat khususnya di kota Semarang sehingga sangat disayangkan apabila makanan khas ini menjadi makanan yang dilupakan oleh anak muda di kota Semarang. Perlu dilakukan peningkatan brand awareness dengan membawa konsep tradisional autentik tapi cocok untuk dijaman sekarang ini. Rebranding sangat diperlukan supaya dapat lebih dikenal tidak hanya oleh kaum orang tua melainkan juga anak muda. Data dikumpulkan melalui metode kualitatif dan beberapa pengajian menggunakan metode S.W.O.T. Perancangan dilakukan supaya dapat menghasilkan citra baru dimata target audience yang baru dengan tetap mempertahankan autentik dan dibuat lebih modern baik dari logo yang baru maupun desain kemasan yang baru.
Kata Kunci: Makanan tradisional, lunpia, rebranding, desain kemasan
Lunpia merupakan makanan khas legendaris kota Semarang yang merupakan ibu kota Jawa Tengah. Lunpia adalah makanan hasil nyata akulturasi budaya Tiongha dan budaya Jawa yang sudah turun menurun diwariskan dan dikenal oleh masyarakat khususnya di kota Semarang sehingga sangat disayangkan apabila makanan khas ini menjadi makanan yang dilupakan oleh anak muda di kota Semarang. Perlu dilakukan peningkatan brand awareness dengan membawa konsep tradisional autentik tapi cocok untuk dijaman sekarang ini. Rebranding sangat diperlukan supaya dapat lebih dikenal tidak hanya oleh kaum orang tua melainkan juga anak muda. Data dikumpulkan melalui metode kualitatif dan beberapa pengajian menggunakan metode S.W.O.T. Perancangan dilakukan supaya dapat menghasilkan citra baru dimata target audience yang baru dengan tetap mempertahankan autentik dan dibuat lebih modern baik dari logo yang baru maupun desain kemasan yang baru.
Kata Kunci: Makanan tradisional, lunpia, rebranding, desain kemasan
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Hak cipta pada artikel akan dialihkan ke JESKOVSIA (Jurnal Desain Komunikasi Visual Asia) jika artikel tersebut telah diterima untuk diterbitkan. Author menyatakan mengalihkan seluruh hak cipta, tanpa batasan apapun kepada JESKOVSIA. Author dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa artikel yang telah dibuat adalah karya asli penulis yang tertera di artikel, kecuali untuk materi yang jelas diidentifikasi sumber aslinya, dengan pemberitahuan izin dari pemilik hak cipta jika diperlukan. Pengalihan hak cipta mencakup hak eksklusif untuk memperbanyak dan mendistribusikan artikel, termasuk cetak ulang, terjemahan, reproduksi fotografis, microform, form elektronik (offline, online) atau reproduksi lain yang serupa.