Perancangan Buku Cerita Billie's New Friend Sebagai Media Untuk Mengatasi Anxiety Bagi Anak SD
DOI:
https://doi.org/10.32815/jeskovsia.v5i2.700Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh data macam-macam anxiety yang dihadapi oleh anak pada usia awal sekolah, didukung dengan kurangnya pemahaman orang tua dan juga anak mengenai cara yang tepat untuk mengelola emosi saat anak mengalami anxiety. Untuk merespon hal tersebut, maka penelitian dilakukan untuk memahami dengan baik macam-macam anxiety pada anak dan bagaimana cara untuk mengemas informasi mengenai anxiety pada anak agar mudah dicerna oleh anak-anak dan orang tua. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui cara yang tepat untuk mengemas informasi seputar anxiety pada anak agar mudah dipahami oleh orang tua dan anak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dalam bentuk studi pustaka. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, media ilustrasi, khususnya buku cerita bergambar dapat menjadi media yang digunakan untuk mengemas informasi mengenai anxiety pada anak dan membantu anak dalam mengelola emosi yang dialami saat menghadapi anxiety. Penggunaan warna dan ekspresi pada ilustrasi dapat membantu anak memahami apa yang sedang dirasakan. Buku cerita sendiri, juga dapat menjadi sarana bibliotherapy, yang cukup banyak digunakan untuk membantu anak-anak dalam mengelola emosi mereka.
Kata Kunci : Anxiety, Anak, Sekolah, Ilustrasi, Emosi.