Visual Identity Emping Jagung Yahya Barokah Sebagai Identitas Usaha

Authors

  • Arin Enggar Pratiwi Desain Komunikasi Visual, Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang
  • Abdulloh Eizzi Irsyada Desain Komunikasi Visual, Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang

DOI:

https://doi.org/10.32815/jeskovsia.v6i01.704

Keywords:

visual identity, media, promosi, emping jagung

Abstract

Emping Jagung Yahya Barokah adalah usaha yang dirikan oleh keluarga Pardi. Dia memiliki toko di Jalan Simpang Teluk Bayur No.12 RT.04 / RW.08. Pardi mengaku menggeluti UMKM makanan ringan olahan jagung itu sejak 16 tahun yang lalu. Proses produksinya jagung direndam menggunakan gamping, lalu dicuci, dijemur, dan direbus setengah matang. Setelah itu butir jagung dilepas dan digiling untuk dijadikan marning gepeng. Sedangkan untuk merning mekar, jagung tidak digiling. Proses produksi marning jagung membutuhkan waktu sampai lima hari mulai dari jagung sampai menjadi makanan ringan.
Metode Penelitian yang di gunakan adalah dengan Observasi yaitu melakukan pengamatan langsung ke lokasi yang di tuju dan melakukan Wawancara  kepada pemilik usaha Emping Jagung Yahya Barokah kemudian di dukung oleh studi pustaka yang bersumber dari buku dan jurnal. Proses perancangan pembuatan logo, buku GSM, packaging, X-Banner dan Merchandise ini di mulai dari Pra Produksi meliputi produksi, pasca produksi, distribusi dan pengujian efektifitas produk melalui media angket target audience.
Setelah di lakukan uji validasi melalui media Kuisioner yang di sebar secara acak, menunjukan re-branding yang saya buat tentang Industri Emping Jagung Yahya Barokah ini masuk ke dalam kategori layak dengan penilaian dari 30 responden. Dengan Demikian re-branding telah berhasil mempengarui Audience secara halus terhadap dan sekaligus menjadi media promosi bagi Industri Emping Jagung Yahya Barokah. 

Kata Kunci: Visual Identity, Media, Promosi, Emping Jagung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, Lia S & Nathalia, Kirana. (2014). Desain Komunikasi Visual (Dasar–dasar (Panduan untuk Pemula). Bandung. Nuansa Cendikia.
Anonim. [online]. Available at: http://ajidesign.blogspot.com/ pengertian-desain-grafis-desaingrafis.html [diakses 5 Agustus 2020].
Anonim. [online]. Available at: https://serupa.id/unsur-unsur-seni-rupa-dan-desain/ [diakses 5 Agustus 2020].
Anonim. [online]. Available at: http://amaliamaulana.com/popular-article/the-end-of-the-line-mengakhiri-penggunaan-istilah-atl-vs-btl/ [diakses 5 Agustus 2020].
Asri, Marwan. (2003). Marketing. Jakarta. Erlangga.
Cangara, Hafied. (2006). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.
Chiaravalle & Schenk. (2007). Branding For Dummies. Canada: Wiley Publishing Inc.
Djaslim, Saladin. (2003). Manajemen dan Pemasaran Jasa, Analisis, Perencanaan, Pelaksanakan dan Pengendalian (Teori dan Tanya jawab). Bandung. Linda Karya.
Hendratman, Hendi. (2008). Tips and Trik Computer Graphic Design. Bandung. Informatika.
Jumarani, Louise. (2009). The Essence of Indonesian SPA. Jakarta. Gramedia.
Kotler, Philip. (2006). Manajemen Pemasaran Edisi 11. Jakarta. PT.Indeks.
Kusrianto, Adi. (2007). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta. ANDI.
Rustan, Surianto. (2009). Mendesain Logo. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama.
Sanyoto, Ebdi Sadjiman. (2005). Dasar-dasar Tata Rupa dan Desain (NIRMANA). Yogyakarta. Arti Bumi Intaran.
Sanyoto, Ebdi Sadjiman. Nirmana. (2009). Elemen-Elemen Seni dan Desain. Yogyakarta. Jalasutra.
Sihombing, Danton. (2001). Tipografi Dalam Desain Grafis. Jakarta. Gramedia.
Simarmata, Janner. (2006). Teknologi Komputer dan Informasi. Yogyakarta. ANDI.
Suparta, I Made. (2010). Unsur Unsur Seni Rupa. Denpasar. Repository Jurnal ISI Denpasar.
Supriyono, Rakhmat. (2010). Desain Komunikasi Visual : Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi.
Suyanto, M. (2004). Aplikasi Desain Grafis Untuk Periklanan. Yogyakarta: Andi.
Tinarbuko, Sumbo. (2015). Desain Komunikasi Visual - Penanda Masyarakat Global. Yogyakarta. CAPS.
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. (2012). Pemasaran Strategik. Yogyakarta. ANDI.

Published

2022-07-06