Perancangan Sistem KHS Mobile di STMIK ASIA Malang Menggunakan Android Programming dan JSON

  • Dwija Wisnu Brata

Abstract

Sistem khs mobile merupakan sarana mahasiswa dalam memperoleh informasi nilai setiap semester ketika menempuh pendidikan di kampus. Nilai senantiasa menjadi acuan seorang mahasiswa, karena suatu hal yang penting yang nantinya akan digunakan dikemudian hari terutama dalam dunia kerja. Banyak mahasiswa, baik di universitas negeri ataupun swasta senantiasa berusaha menjadi yang terbaik didalam kelas. Mengerjakan tugas, hadir didalam kelas, aktif didalam kelas serta dapat mengerjakan ujian akhir di setiap akhir semester merupakan.


                Kemampuan akses info nilai pada sistem informasi juga menjadi nilai tambah bagi sebuah kampus, artinya ada inovasi tentang penyampaian info nilai pada sistem informasi akademik dan disesuaikan dengan teknologi yang sedang berkembang. Hal ini menjadi perhatian dikarenakan banyak mahasiswa yang dari luar pulau atau sedang libur semester ketika ingin mengakses khs pada setiap semester, mahasiswa harus ke kampus untuk melihat pada software akademik dengan versi offline. Salah satu kendala tersebut bisa menjadi perhatian terutama STMIK ASIA sebagai institusi yang bergerak dalam hal menciptakan mahasiswa yang ahli dalam bidang teknik informatika untuk dapat menghasilkan produk-produk yang bermanfaat.


                Permasalahan akses info nilai khs tersebut dapat teratasi dengan mengembangkan sistem informasi khs mobile dengan memanfaatkan JSON sebagai pengirim data, artinya aplikasi yang dirancang mengambil data dari server dengan melalui sebuah perantara tool yang mengirimkan data request melalui variabel melalui browser, dan browser akan memparsing data tersebut kepada server, dan server yang akan mengartikan, juga mengolahnya. Hal sangat bermanfaat apabila koneksi yang digunakan dalam kondisi lambat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-08-01
How to Cite
BRATA, Dwija Wisnu. Perancangan Sistem KHS Mobile di STMIK ASIA Malang Menggunakan Android Programming dan JSON. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 30-39, aug. 2015. ISSN 2580-8397. Available at: <https://jurnal.stmikasia.ac.id/index.php/jitika/article/view/123>. Date accessed: 25 apr. 2024.