PEMANFAATAN SERIAL PORT KOMPUTER SEBAGAI INTERFACE PENGENDALI PERALATAN ELEKTRONIK DAN PEMANFAATAN SINYAL DTMF (DUAL TONE MULTIPLE REQUENCY) SEBAGAI PENGENDALI PERALATAN ELEKTRONIK JARAK JAUH

Main Article Content

Didik Sunarko M. Aziz Nurohman

Abstract

Perkembangan teknologi menuntut manusia untuk beraktifitas secara efektif dan efisien. Dan salah satu solusi yang bisa digunakan yaitu suatu alat untuk mengendalikan objek dari jarak jauh. Hal ini dapat dilakukan karena perkembangan teknologi yang pesat telah memberikan banyak kemudahan bagi manusia dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari. Dan salah satu teknologi yang bisa diterapkan adalah pemanfaatan saluran telepon (dalam hal ini sinyal DTMF) untuk mengendalikan berbagai peralatan elektronik di rumah tanpa manusia harus berada di rumah pada saat itu.
Alat pengendali ini terdiri dari telepon, rangkaian pengkondisi sinyal dari telepon ke komputer (mikrokontroler), komputer sebagai pusat pengendali, serta rangkaian relai sebagai saklar.
Kata kunci: Serial port, DTMF, sistem komputer, peralatan elektronik

Article Details

How to Cite
SUNARKO, Didik; NUROHMAN, M. Aziz. PEMANFAATAN SERIAL PORT KOMPUTER SEBAGAI INTERFACE PENGENDALI PERALATAN ELEKTRONIK DAN PEMANFAATAN SINYAL DTMF (DUAL TONE MULTIPLE REQUENCY) SEBAGAI PENGENDALI PERALATAN ELEKTRONIK JARAK JAUH. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 22-29, apr. 2007. ISSN 2580-8397. Available at: <https://jurnal.stmikasia.ac.id/index.php/jitika/article/view/16>. Date accessed: 30 jan. 2023.
Section
Articles