Pengembangan Modul Praktikum SPSS Versi 20 Pada Matakuliah Statistika Dan Probabilitas Berbasis WEB Untuk Memfasilitasi Keterampilan Pengujian Hipotesis Penelitian

Main Article Content

Ratna Widyastuti Ellya Nurfarida

Abstract

Media pembelajaran menjadi suatu elemen utama proses pembelajaran aktif. Pembelajaran aktif menekankan pada aktivitas pebelajar dalam mengakses berbagai informasi dari berbagai sumber, untuk dibahas dalam proses pembelajaran dalam kelas, sehingga memperoleh berbagai pengalaman yang tidak saja menambah pengetahuan, tapi juga kemampuan analisis dan sintesis. Mahasiswa dituntut berperan lebih aktif dalam mengembangkan cara-cara belajar mandiri, mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan penilaian proses belajar. Pemanfaatan media statistika harus dilengkapi dengan lembar tugas sehingga mahasiswa tetap menjadi pebelajar aktif dan kritis. Pengembangan media berbasis web jila dirancang dengan baik berpotensi menjadi lab virtual sebagai pusat belajar statistika yang bermakna dan menarik. Salah satu matakuliah pada kurikulum program studi D3 Teknik informatika adalah matakuliah statistik dan probabilitas. Mendengar kata statistik seperti momok yang harus dipelajari. Statistika merupakan matakuliah yang mempelajari tetang statistika deskriptif yang lebih focus pada mendeskripsikan data dan ststistika inferensial yang lebih focus pada pengujian data statistic sehingga menghasilkan kesimpulan dari pertanyaan yang diingin diikur. Modul sebagai salah satu bahan ajar mempunyai salah satu karakteristik adalah prinsip belajar mandiri. Berdasarkan uraian tersebut, peneliti mengadakan penelitian tentang pengembangan modul praktikum pengujian hipotesis menggunakan SPSS 20 pada matakuliah statistika dan probabilitas untuk mencapai tujuan pembelajaran yang direncanakan yaitu terampil mengadakan pengujian hipotesis menggunakan metode pengujian yang valid sesuai dengan karakteristik sampel penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan : (1) Sistem pembelajaran online yang telah di buat dapat di manfaatkan oleh dosen dan mahasiswa untuk mengelola perkuliahan materi penggunaan SPSS secara online yang dapat diakses melalui internet secara umum. Alamat untuk mengakses sistem tersebut adalah http://sinau-bareng-statistika.000webhostapp.com, (2) Pelaksanaan perkuliahan menggunakan sistem pembelajaran online akan memberikan manfaat baik secara langsung maupun tidak langsung kepada dosen dan mahasiswa.

Article Details

How to Cite
WIDYASTUTI, Ratna; NURFARIDA, Ellya. Pengembangan Modul Praktikum SPSS Versi 20 Pada Matakuliah Statistika Dan Probabilitas Berbasis WEB Untuk Memfasilitasi Keterampilan Pengujian Hipotesis Penelitian. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, [S.l.], v. 13, n. 2, p. 77-90, may 2019. ISSN 2580-8397. Available at: <https://jurnal.stmikasia.ac.id/index.php/jitika/article/view/346>. Date accessed: 22 apr. 2021. doi: https://doi.org/10.32815/jitika.v13i2.346.
Section
Articles