Simulasi Kinerja Siswa Dengan Metode Fuzzy Inference Sugeno Menggunakan Aplikasi Matlab

  • Halimahtus Mukminna Universitas Negeri Malang
  • Devita Maulina Putri Universitas Negeri Malang
  • Anik Nur Handayani Universitas Negeri Malang

Abstract

Tujuan artikel ini adalah membuat simulasi untuk penilaian kinerja siswa menggunakan logika fuzzy untuk mengatasi masalah proses penilaian evaluasi siswa. Disamping itu belum adanya sistem khusus yang dapat mengoptimalkan dalam memberikan dukungan bagi guru dalam melakukan evaluasi yang masih bersifat perhitungan manual. Satu cara penentuan perhitungan hasil evaluasi siswa dapat dipermudah dengan menggunakan bantuan pertimbangan Artifical Intelligence (AI) sebagai optimasinya. Dalam pertimbangan evaluasi kinerja siswa ini menggunakan logika fuzzy dengan metode inference system sugeno. Metode sugeno ini merupakan metode inference fuzzy untuk aturan yang direpresentasikan dalam bentuk IF-THEN, dimana output sistem tidak berupa himpunan fuzzy, melainkan berupa persamaan linier. Kriteria yang digunakan dalam penilaian kinerja siswa meliputi very unsuccesusful, unsuccessful, average, successful, dan very successful.  Pada simulasi ini hasil yang ditampilkan dengan perhitungan manual dan perhitungan Matlab sebagai pembandingnya hasil perhitungan secara manual nilai result 45,5 sedangkan pada perhitungan matlab nilai result sebesar 48,5. Sehingga dapat disimpulkan selisih yang disebabkan tingkat akurasi hasil inference rule pada perhitungan manual kurang efektif bahkan terkadang banyak inference rule yang harus disesuaikan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-20
How to Cite
MUKMINNA, Halimahtus; PUTRI, Devita Maulina; HANDAYANI, Anik Nur. Simulasi Kinerja Siswa Dengan Metode Fuzzy Inference Sugeno Menggunakan Aplikasi Matlab. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 71-78, feb. 2017. ISSN 2580-8397. Available at: <https://jurnal.stmikasia.ac.id/index.php/jitika/article/view/53>. Date accessed: 03 july 2024. doi: https://doi.org/10.32815/jitika.v11i1.53.