Penerapan Rule-Based Expert System (RBES) Dalam Perancangan Aplikasi Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) Berbasis Android

Main Article Content

Nisaul Fadila Rinabi Tanamal

Abstract

Banyak orang yang sering menganggap bahwa penyakit ISPA adalah penyakit ringan, padahal penyakit ISPA memiliki tingkat bahaya yang cukup tinggi khususnya mereka yang memiliki kekebalan daya tubuh rendah. ISPA merupakan kelompok penyakit yang disebabkan oleh infeksi dari virus dan telah menyerang saluran pernapasan seperti paru-paru, hidung, serta tenggorokan. Penelitian mengenai diagnosis penyakit ISPA menggunakan metode Rule-based Expert System (RBES), dan akan menghasilkan sistem pakar diagnosa ISPA berdasarkan berbagai gejala yang dirasakan oleh pengguna. Sistem pakar ini menggunakan basis android dengan dibuat pada software bernama Thunkable. Berdasarkan hasil dari pengujian tingkat penerimaan aplikasi oleh pengguna, diperoleh angka sebesar 96% untuk aspek kemudahan dalam penggunaan dan 93% untuk aspek kemudahan dalam memahami fitur/menu dalam aplikasi. Tidak hanya itu, pengujian keakurasian juga dilakukan dan aplikasi sistem pakar yang dibuat dan dikembangkan memiliki tingkat akurasi sebesar 100%.

Article Details

How to Cite
FADILA, Nisaul; TANAMAL, Rinabi. Penerapan Rule-Based Expert System (RBES) Dalam Perancangan Aplikasi Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, [S.l.], v. 15, n. 2, p. 115-122, sep. 2021. ISSN 2580-8397. Available at: <https://jurnal.stmikasia.ac.id/index.php/jitika/article/view/589>. Date accessed: 21 sep. 2021. doi: https://doi.org/10.32815/jitika.v15i2.589.
Section
Articles