Simulasi Sistem Pendeteksi Polusi Ruangan Menggunakan Sensor Asap Dengan Pemberitahuan Melalui SMS ( Short Message Service ) Dan Alarm Berbasis Arduino

Main Article Content

Bambang Tri Wahjo Utomo Dharmawan Setya Saputra

Abstract

Penerapan memantau polusi ruangan dengan menggunakan SMS, sehingga memudahkan para pengguna untuk mengetahui keadaan ruangannya. Dengan teknologoi yang semakin maju maka kita dapat mengatur dan memantau dengan jarak jauh, maka dengan kecepatan jaringan GSM dapat memudahkan proses tersebut. Polusi udara yang dihasilkan langsung oleh manusia adalah kandungan asap yang beruba gas CO ( Carbon Monoksida ) yang terdapat pada rokok dan dihisap manusia setiap harinya,  pria  maupun  wanita  yang  menjadi  perokok  aktif  adalah  penyumbang  dari  gas tersebut  sehingga manusia  lain  sebagai  perokok  pasif  (  yang  tidak  merokok  )  dapat  terkena imbasnya  begitu  pula  dengan  alam  sekitar  karena  tidak  hanya  gas  CO  yang  dihasilkan, melainkan masih banyak kandungan lain yang dihasilkan oleh asap rokok tersebut.

Article Details

How to Cite
UTOMO, Bambang Tri Wahjo; SAPUTRA, Dharmawan Setya. Simulasi Sistem Pendeteksi Polusi Ruangan Menggunakan Sensor Asap Dengan Pemberitahuan Melalui SMS ( Short Message Service ) Dan Alarm Berbasis Arduino. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 56-68, feb. 2016. ISSN 2580-8397. Available at: <https://jurnal.stmikasia.ac.id/index.php/jitika/article/view/76>. Date accessed: 29 may 2022.
Section
Articles