Penerapan Algoritma AHP (Analytical Hierarchy Process) untuk Pengambilan Keputusan dalam Seleksi Calon Peserta Olimpiade Sains Nasional bidang Matematika

Main Article Content

Siti Mujilahwati Endang Setyati

Abstract

Prosedur atau proses yang dilakukan oleh manajemen pihak sekolahan baik tingkat SMP maupun tingkat SMA untuk mendapatkan siswa-siswinya sebagai calon peserta kompetisi olimpiade adalah masih dengan cara menyeleksi nilai-nilai akademik yang tertinggi. Salah satu bidang mata pelajaran yang di lombakan pada OSN (Olimpiade Sains Nasional)  adalah bidang matematika.


Padahal pada lomba olimpiade bidang matematika tidak hanya soal matematika saja yg harus dapat dikuasai oleh para peserta lomba, melainka juga kemampuan intellegensi,  Algoritma AHP (Analytical Hierarchy Process) akan diterapkan sebagai alat bantu teknik pengambilan keputusan pada kasus ini, karena akan di definisikan tiga attribute sebagai pembobotan calon peserta dapat lolos sebagai perwakilan dari masing-masing sekolah.


 


Kata Kunci : OSN (Olimpiade Sains Nasional), AHP (Analytical Hierarchy Process), SPK, Matematika

Article Details

How to Cite
MUJILAHWATI, Siti; SETYATI, Endang. Penerapan Algoritma AHP (Analytical Hierarchy Process) untuk Pengambilan Keputusan dalam Seleksi Calon Peserta Olimpiade Sains Nasional bidang Matematika. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 53 - 59, aug. 2012. ISSN 2580-8397. Available at: <https://jurnal.stmikasia.ac.id/index.php/jitika/article/view/83>. Date accessed: 29 may 2022.
Section
Articles