Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Guru PNS Di SMKN Sukorejo 1 Dengan Menggunakan Metode Fuzzy AHP

Main Article Content

Achmad Noercholis Muhammad Luqman Hakim

Abstract

Saat ini penilaian kinerja guru merupakan sesuatu yang cukup penting dan dibutuhkan baik oleh sekolah, siswa, masyarakat maupun demi kepentingan guru sendiri. Penilaian kinerja guru salah satunya bisa digunakan untuk mempertimbangkan apakah guru tersebut pantas untuk mendapatkan kenaikan pangkat atau apakah guru tersebut layak untuk mendapatkan sertifikasi guru. Diharapkan dengan adanya penilaian kinerja, guru semakin termotifasi untuk meningkatkan kualitasnya.Yang pada akhirnya dengan meningkatnya kualitas guru, siswa yang berkualitas, unggul dan berprestasi akan semakin bermunculan.


Pada penelitian ini, dibangun sebuah sistem pendukung untuk penilaian kinerja guru menggunakan  beberapa kriteria dengan subkriteria pada masing-masing kriteria. Proses perhitungan menggunakan metode FuzzyAnalytycal Hierarchy Process (F-AHP) dengan beberapa tahap diantaranya penyusunan hierarki, perhitungan matrik perbandingan berpasangan, perhitungan jumlah baris, menghitung nilai sintesis fuzzy, penentuan nilai vektor, defuzzifikasi, dan nilai bobot.


        Dari hasil penelitian didapatkan bahwa kejujuran penilaian sangat penting untuk mendapatkan hasil penilaian kinerja yang tepat, selain itu hasil penilaian kinerja sangat dipengaruhi oleh pemberian bobot pada masing-masing kriteria. Pemberian bobot cukup berpengaruh karena masing-masing guru memiliki nilai yang baik untuk sebuah kriteria namun buruk untuk kriteria yang lain, sehingga dalam hal ini penggabungan logika fuzzy dengan logika AHP cukup efektif dalam menyelesaikan masalah.

Article Details

How to Cite
NOERCHOLIS, Achmad; HAKIM, Muhammad Luqman. Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Guru PNS Di SMKN Sukorejo 1 Dengan Menggunakan Metode Fuzzy AHP. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 65-72, aug. 2016. ISSN 2580-8397. Available at: <https://jurnal.stmikasia.ac.id/index.php/jitika/article/view/92>. Date accessed: 30 july 2021.
Section
Articles