Penerapan Model Business Intelligence Pada Perusahaan Retail XLT Untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran
PENERAPAN MODEL BUSINESS INTELLIGENCE PADA PERUSAHAAN RETAIL XLT UNTUK MENINGKATKAN STRATEGI PEMASARAN
DOI:
https://doi.org/10.32815/jitika.v17i1.893Keywords:
Data, Business Intelligence, Marketing StrategyAbstract
Data is something valuable, so PT XLT began to focus on good data processing. Such data includes sales data, purchase data, customer data, and other operational data that are useful for making decisions in determining marketing strategies. Currently, the marketing team in carrying out marketing strategies is only based on intuition and minimal information. Business Intelligence (BI) is one of the solutions for company needs in analyzing and providing information. In this study, researchers will design and build BI dashboards to support marketing strategies at XLT companies. This study aims to apply BI to companies and create reporting dashboards to assist the marketing team in making decisions. The results of this study are to present the information needed by the marketing team in the decision-making process to improve marketing strategies at XLT companies. Decision making is based on the implementation of the marketing mix strategy which contains the 4P components, namely: Price (Price), Product (Product), Place (Distribution), and Promotion (Promotion).
Downloads
References
Akbar, Muhammad, and Yuri Rahmanto. 2020. “Desain Data Warehouse Penjualan Menggunakan Nine Step Methodology Untuk Business Intelegency Pada Pt Bangun Mitra Makmur.” Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak 1(2): 137–46.
Ariani, Tiara Retno, Ken Ditha Tania, and Dwi Rosa Indah. 2016. “Penerapan Business Intelligence Pada Sistem Informasi Penjualan Barang PT. WINSA (STUDI KASUS DI PT. WINSA PALEMBANG).” Jurnal Sistem Informasi: 103–10.
B.Kusuma. 2020. The Use of Business Intelligence System in Healthcare Organizations. Docpalyer.
Berlin, and Yo Ceng Giap. 2020. “Penerapan Business Intelligence Pada CV. Tanggamas Chemichal Dengan Metode OLAP.” Algor 2(1): 57–65.
Dharayani, Ramanti, Kusuma Ayu Laksitowening, and Amarilis Putri Yanuarfiani. 2015. “Implementasi ETL ( Extract , Transform , Load ) Pangkalan Data Perguruan Tinggi Dengan Menggunakan State-Space Problem.” e-Proceeding of Engineering Vol.2, No.(2355–9365): 1159–65.
Fadli, Muhammad Rijal. 2021. “Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif.” Humanika 21(1): 33–54.
Indrajani. 2018. Skema Bintang in Database Systems All in One Theory, Practice, and Case Study. Jakarta: Elex Media Komputindo.
M. Huda. 2019. “Analisis Bisnis Perusahaan Menggunakan Business Intelligence Yang Dilakukan IT Profesional.” in Teknologi Komputer: Pemanfaatan Teknologi Komputer untuk Mempermudah Penyelesaian Tugas dan Pekerjaan yang Dihadapi, Bisakimia: 131.
Putri, Ravensta Rahma. 2018. “Penerapan Business Intelligence Sebagai Pendukung Analisis Produktivitas Karyawan Bagian Penjualan (Studi Kasus : Northwind).” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9): 1689–99.
Sanjaya, Erado Fata, Rachmadita Andreswari, and Irfan Darmawan. 2021. “Analisis Perancangan Business Intelligence Dan Dashboard Pada Data Traffic Telekomunikasi Dengan Metode Business Dimensional Lifecycle.” e-Proceeding of Engineering 8(5): 8964–69.
Setyawan, Bintang. 2017. “Power BI Dashboard Visualization and Forecasting Number of Dengue Hemorrhagic Fever Cases in Malang Regency Using Artificial Neural Network Method.” Skripsi: Institut Teknologi Sepuluh Nopember: 15–16. http://repository.its.ac.id/42554/1/5213100011-Undergraduate_Theses.pdf.
Wijaya, Rahmadi, and Bambang Pudjoatmodjo. 2016. “Penerapan Extraction-Transformation-Loading (ETL) Dalam Data Warehouse (Studi Kasus : Departemen Pertanian).” Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI) 5(2): 61.
Yuliana, Oviliani Yenty. 2000. “Penggunaan Teknologi Internet.” Jurnal Akuntansi Dan Keuangan 2(1): 36–52.
Yunistira, Altesa, and Dhomas Hatta Fudholi. 2020. “Analisis Penerapan Model Business Intelligence Pada Aplikasi Payment Point Online Banking Dalam Meningkatkan Strategi Pemasaran (Studi Kasus: Aplikasi ApotikKuota).” Jurnal Ilmu Komputer dan Agri-Informatika 7(1): 1–10.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis mengirimkan naskah dan pengertian bahwa jika diterima untuk proses dipublikasi, hak cipta dari artikel tersebut akan diberikan kepada jurnal ilmiah teknologi informasi asia. Jurnal ilmiah teknologi informasi asia (Jitika) dan Lp2m Stmik Asia Malang sebagai penerbit jurnal, komponen Hak cipta mencakup hak untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm, dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya.
Jurnal ilmiah teknologi infomasi asia, dan Lp2m ITB Asia Malang, beserta jajaran para redaksi berusaha keras untuk memastikan bahwa tidak ada data, opini, atau pernyataan yang salah atau menyesatkan ketika dipublikasikan di jurnal Jitika, dengan kondisi apapun, isi artikel dan iklan yang diterbitkan di Jurnal ilmiah teknologi infomasi asia adalah murni merupakan tanggung jawab masing-masing penulis dan pengiklan. Pengguna situs web ini akan dilisensikan dengan menggunakan materi dari situs web ini setelah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0. Tidak ada biaya yang dibebankan. Silakan gunakan materi yang sesuai.
Anda bebas untuk:
Bagikan - salin dan sebarkan materi dalam media atau format apa pun.
Adaptasi - remix, transformasikan, dan bangun berdasarkan materi untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti ketentuan lisensi