Rancang Bangun Game Kumbang Kum-Oid Berbasis Android Menggunakan Algoritma A* (A Star)
Kata Kunci:
Artificial intelligence, Algoritma A*, GameAbstrak
Video game merupakan salah satu media hiburan yang sangat populer untuk semua orang. Teknologi game telah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Salah satunya adalah game puzzle yang memberi permainan. Game juga bisa diartikan sebagai arena keputusan dan aksi pemainannya. Permainan berbasis komputer, komputer dirancang dengan menerapkan Artificial intelligence (AI). Algoritma yang digunakan dalam game ini adalah algoritma A*. Dimana A* merupakan perbaikan dari BFS dengan memodifikasi fungsi heuristicnya yang akan meminimumkan total cost lintasan. Dengan konsep perbandingan terhadap fungsi f(n) dari sebuah node dengan menentukan nilai g(n) dan nilai h(n), sehingga komputer dapat memilih langkah terpendek dengan mengambil nilai terkecil dalam setiap state. Sehingga pada kondisi yang tepat algoritma A* akan memberikan solusi terbaik dalam waktu yang optimal. Dari hasil pengujian yang dilakukan game simulasi mampu menemukann jalur dengan rute terpendek. Pencarian jalur akan berhasil menemukan solusi berupa rute terpendek, jika terdapat jalur yang bisa dilalui (ada jalur yang tidak tertutup penghalang) dan akan gagal dalam menemukan solusi jika tidak ada jalur yang bisa dilalui atau semua jalur yang ada tertutup oleh penghalang. Dari pengujian beta yang didapat, disimpulkan bahwa 78% orang menyatakan bahwa game dan simulasi kumbang kum-oid mampu memberi variasi dalam game puzzle, serta 60% orang menyatakan bahwa game dan simulasi kumbang kum-oid menarik untuk dimainkan.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis mengirimkan naskah dan pengertian bahwa jika diterima untuk proses dipublikasi, hak cipta dari artikel tersebut akan diberikan kepada jurnal ilmiah teknologi informasi asia. Jurnal ilmiah teknologi informasi asia dan Lp2m Stmik Asia Malang sebagai penerbit jurnal, komponen Hak cipta mencakup hak untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm, dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya.
Jurnal ilmiah teknologi infomasi asia, dan Lp2m ITB Asia Malang, beserta jajaran para redaksi berusaha keras untuk memastikan bahwa tidak ada data, opini, pernyataan yang salah atau menyesatkan ketika dipublikasikan di jurnal, dengan kondisi apapun, isi artikel dan iklan yang diterbitkan di Jurnal ilmiah teknologi infomasi asia adalah murni merupakan tanggung jawab masing-masing penulis dan pengiklan. Pengguna situs web ini akan dilisensikan dengan menggunakan materi dari situs web ini setelah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0. Tidak ada biaya yang dibebankan. Silakan gunakan materi yang sesuai.
Anda bebas untuk:
Bagikan - salin dan sebarkan materi dalam media atau format apa pun
Adaptasi - remix, transformasikan, dan bangun berdasarkan materi untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti ketentuan lisensi