Rancang Bangun Game Kumbang Kum-Oid Berbasis Android Menggunakan Algoritma A* (A Star)

Authors

  • Fadhli Almuiini Ahda
  • Martshena Gema

Keywords:

Artificial intelligence, Algoritma A*, Game

Abstract

Video game merupakan salah satu media hiburan yang sangat populer untuk semua orang. Teknologi game telah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Salah satunya adalah game puzzle yang memberi permainan. Game juga bisa diartikan sebagai arena keputusan dan aksi pemainannya. Permainan berbasis komputer, komputer dirancang dengan menerapkan Artificial intelligence (AI). Algoritma yang digunakan dalam game ini adalah algoritma A*. Dimana A* merupakan perbaikan dari BFS dengan memodifikasi fungsi heuristicnya yang akan meminimumkan total cost lintasan. Dengan konsep perbandingan terhadap fungsi f(n) dari sebuah node dengan menentukan nilai g(n) dan nilai h(n), sehingga komputer dapat memilih langkah terpendek dengan mengambil nilai terkecil dalam setiap state. Sehingga pada kondisi yang tepat algoritma A* akan memberikan solusi terbaik dalam waktu yang optimal. Dari hasil pengujian yang dilakukan game simulasi mampu menemukann jalur dengan rute terpendek. Pencarian jalur akan berhasil menemukan solusi berupa rute terpendek, jika terdapat jalur yang bisa dilalui (ada jalur yang tidak tertutup penghalang) dan akan gagal dalam menemukan solusi jika tidak ada jalur yang bisa dilalui atau semua jalur yang ada tertutup oleh penghalang. Dari pengujian beta yang didapat, disimpulkan bahwa 78% orang menyatakan bahwa game dan simulasi kumbang kum-oid mampu memberi variasi dalam game puzzle, serta 60% orang menyatakan bahwa game dan simulasi kumbang kum-oid menarik untuk dimainkan.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

01-08-2015

How to Cite

Ahda, F. A., & Gema, M. (2015). Rancang Bangun Game Kumbang Kum-Oid Berbasis Android Menggunakan Algoritma A* (A Star). Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 9(2), 40–48. Retrieved from https://jurnal.stmikasia.ac.id/index.php/jitika/article/view/124