PROTOTIPING SISTEM MONITORING KETINGGIAN AIR DAN PENGENDALIAN PINTU AIR PADA JARINGAN IRIGASI BERBASIS MICROKONTROLER ATMEGA16 DENGAN MENGGUNAKAN SHORT MESSAGE SERVICE (SMS)

Main Article Content

Bambang Tri Wahyu Utomo Hasan Saifudi

Abstract

Irigasi pada umumnya adalah usaha untuk mendatangkan air dengan membuat bangunan bangunan dan saluran-saluran untuk mengalirkan air guna keperluan pertanian, membagi-bagikan air ke sawah-sawah atau ladang-ladang dengan cara yang teratur dan membuang air yang tidak diperlukannya lagi, setelah air itu diperlukan dengan sebaik-baiknya.
Dalam sistem ini seorang user dapat mengirimkan kode SMS kepada HP yang ada pada alat kemudian akan di proses oleh Atmega16 yang mampu mengolah data ketinggian air yang kemudian akan mengirimkan data ketinggian air dan ketinggian pintu air berupa SMS ke HP user. Alat ini mampu memberikan informasi ketinggian pintu air dan ketinggian air dengan cara request SMS ke handphone yang terhubung pada Atmega16 dan secara otomatis akan membalas sms yang isinya ketinggian pintu air dan ketinggian air.

Article Details

How to Cite
UTOMO, Bambang Tri Wahyu; SAIFUDI, Hasan. PROTOTIPING SISTEM MONITORING KETINGGIAN AIR DAN PENGENDALIAN PINTU AIR PADA JARINGAN IRIGASI BERBASIS MICROKONTROLER ATMEGA16 DENGAN MENGGUNAKAN SHORT MESSAGE SERVICE (SMS). Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 59-68, feb. 2014. ISSN 2580-8397. Available at: <https://jurnal.stmikasia.ac.id/index.php/jitika/article/view/129>. Date accessed: 29 may 2022.
Section
Articles