PERANCANGAN PENGENDALI MODEL TANGAN ROBOT MENGGUNAKAN VOLUME SUARA MANUSIA

  • Bambang Tri Wahyu Utomo STMIK Asia Malang

Abstract

Suara manusia biasanya untuk berbicara atau menyanyikan bait-bait lagu. Seiring dengan perkembangan jaman maka suara manusia bisa untuk menggerakkan atau mengontrol suatu alat. Pada perancangan alat ini, suara diubah menjadi tegangan listrik Tegangan listrik ini diubah menjadi sinyal digital yang bisa dibaca oleh komputer dan oleh komputer diproses sehingga bisa mengendalikan model tangan robot.
Prinsip kerja alat ini dimulai dengan pengucapan suara ke mikropon. Sinyal suara yang dari mikropon yang masih lemah dikuatkan oleh mini amplifier. Kemudian sinyal output dari mini amplifier disearahkan sehingga menghasilkan arus searah dan bisa dibaca oleh ADC 08004 yang mengeluarkan output digital. Sinyal digital tersebut diterjemahkan lagi oleh card PPI 8255 sehingga bisa dibaca oleh komputer dan oleh komputer diproses untuk mengendalikan model tangan robot.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2006-12-31
How to Cite
UTOMO, Bambang Tri Wahyu. PERANCANGAN PENGENDALI MODEL TANGAN ROBOT MENGGUNAKAN VOLUME SUARA MANUSIA. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 29-42, dec. 2006. ISSN 2580-8397. Available at: <https://jurnal.stmikasia.ac.id/index.php/jitika/article/view/4>. Date accessed: 04 july 2024.