PERANCANGAN ROBOT DASAR MENJADI CERDAS MEMANFAATKAN TEKNOLOGI SENSOR

Main Article Content

Bambang Tri Wahyo Utomo Tomi Pancoro Nugroho

Abstract

Kita sering mendengar istilah robot dalam dunia elektronika, industri dan juga aplikasi robot sudah memasuki segala bidang dalam aspek kehidupan manusia sehari-harinya.
Robot banyak membantu manusia dalam meringankan pekerjaan manusia terutama bagi yang membutuhkan ketelitian, pekerjaan yang monoton sampai kepada pekerjaan-pekerjaan yang beresiko tinggi dapat dipermudah dengan menggunakan robot.
Bahkan pada dewasa ini, dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, robot bahkan bisa diberikan kecerdasan buatan (Artificial Inteligence) sehingga mampu berpikir menyerupai manusia.Semakin canggih saja bukan?
Rumusan masalah pada topik penelitian berjudul “Perancangan Robot Dasar Menjadi Cerdas Dengan Memanfaatkan Teknologi Sensor” merupakan pengembangan rancang bangun tugas khusus berjudul “Model Simulasi Tangan Industri Sebagai Aplikasi Robotika Dalam Dunia Industri” bermaksud untuk meneliti dan merancang bagaimana memberikan kecerdasan buatan sederhana dengan memanfaatkan teknologi sensor yang sederhana dengan azas-azas dasar elektronika, dan mencoba membangun sistem robot dengan kelas yang lebih tinggi.
Harapan penulis, semoga penelitian ini dapat menjadi dasar pemikiran bagi para pembaca yang ingin mengembangkan robot dasar menjadi robot dengan kecerdasan dan kemampuan atau fungsional yang lebih tinggi.

Article Details

How to Cite
UTOMO, Bambang Tri Wahyo; NUGROHO, Tomi Pancoro. PERANCANGAN ROBOT DASAR MENJADI CERDAS MEMANFAATKAN TEKNOLOGI SENSOR. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 1-13, apr. 2007. ISSN 2580-8397. Available at: <https://jurnal.stmikasia.ac.id/index.php/jitika/article/view/15>. Date accessed: 30 jan. 2023.
Section
Articles