IT Productivity Paradox pada Perguruan Tinggi Swasta

Main Article Content

Muhammad Harist Murdani Mamik Usniyah Sari Muharom Muharom

Abstract

Pengambilan kebijakan terkait implementasi teknologi informasi pada perguruan tinggi harus disertai dengan komitmen yang didukung oleh analisa mengenai besarnya kontribusi teknologi informasi pada kinerja institusi. Sehingga implementasi tersebut tidak serta merta hanya mengikuti tren yang berlaku, dimana hampir semua perguruan tinggi yang lain telah melakukan implementasi teknologi informasi. Serta menghindari adanya investasi yang sia-sia dikarenakan adanya kesalahan kebijakan dalam implementasi teknologi informasi.


Information Technology Productivity Paradox merupakan sebuah perspektif baru dalam bidang tatakelola teknologi informasi untuk mengetahui besarnya kontribusi teknologi informasi pada peningkatan kinerja. Implementasi teknologi informasi selalu melibatkan banyak pihak dan membutuhkan biaya yang cukup besar, sehingga selalu timbul sebuah pertanyaan dalam benak pengambil kebijakan, apakah biaya dan sumberdaya yang dialokasikan untuk implementasi teknologi informasi adalah sebuah investasi yang tepat atau sia-sia.


Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan sebuah model konseptual tentang variabel yang berperan dalam pengaruh implementasi IT/Teknologi Informasi terhadap peningkatan produktivitas pada perguruan tinggi dengan menggunakan pendekatan secara langsung dan tidak langsung. Diharapkan dengan adanya model ini, pimpinan perguruan tinggi mampu menghindari/meminimalisasi terjadinya kegagalan investasi Teknologi Informasi/ Paradox. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa sumberdaya TI memiliki pengaruh secara langsung yang lebih signifikan daripada pengaruh secara tidak langsung,

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
MURDANI, Muhammad Harist; SARI, Mamik Usniyah; MUHAROM, Muharom. IT Productivity Paradox pada Perguruan Tinggi Swasta. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, [S.l.], v. 12, n. 2, p. 81-90, july 2018. ISSN 2580-8397. Available at: <https://jurnal.stmikasia.ac.id/index.php/jitika/article/view/216>. Date accessed: 11 dec. 2018. doi: https://doi.org/10.32815/jitika.v12i2.216.
Section
Articles