Rancang Bangun Chatbot Untuk Meningkatkan Performa Bisnis
DOI:
https://doi.org/10.32815/jitika.v13i2.410Keywords:
Chatbot, Chatfuel, BisnisAbstract
Chatbot is an application / service that interacts with custumers through text conversations. Chatbot works to replace the role of humans in serving talks through the messaging application. Chatbot has become more popular in today's business groups because Bot ensures that all messages from customers can be handled quickly and companies can save on operational costs. In addition, with the chatbot, business premises can provide active services for 24 hours. In this study Chatbot will be designed to use Chatfuel to develop a business. In this built bot can help business owners to record orders, process orders, record customers, business location information and facilitate payment transactions
Downloads
References
E. Pratt, “A Primer Artificial Intelligence and Chatbots in Technical Communication – A Primer,” pp. 2–9, 2017.
Nudtaporn Rosruen and Taweesak Samanchuen. Chatbot Utilization for Medical Consultant System. The 2018 Technology Innovation Management and Engineering Science International Conference (TIMES-iCON2018).
S. Divya, V. Indumathi, S. Ishwarya, M. Priyasankari, and S. Kalpana Devi, “A Self-Diagnosis Medical Chatbot Using Artificial Intelligence,” J. Web Dev. Web Des., vol. 3, no. 1, pp. 1–7, 2018.
S. Rupesh, P. Manmath, S. Nirmala, P.Harskumar, M.Nitin. Chatbot using TensorFlow for small Businesses, in Proceedings of the 2nd International Conference on Inventive Communication and Computational Technologies (ICICCT 2018) IEEE Xplore Compliant - Part Number: CFP18BAC-ART; ISBN:978-1-5386-1974-2.
W. Mokhammad Hadi, Sarosa M, T.Herman. Rancang Bangun Chatbot Pembelajaran Java Pada Google Classroom Dan Facebook Messenger. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK) Vol. 5, No. 3, Agustus 2018, hlm. 287-296.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis mengirimkan naskah dan pengertian bahwa jika diterima untuk proses dipublikasi, hak cipta dari artikel tersebut akan diberikan kepada jurnal ilmiah teknologi informasi asia. Jurnal ilmiah teknologi informasi asia (Jitika) dan Lp2m Stmik Asia Malang sebagai penerbit jurnal, komponen Hak cipta mencakup hak untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm, dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya.
Jurnal ilmiah teknologi infomasi asia, dan Lp2m ITB Asia Malang, beserta jajaran para redaksi berusaha keras untuk memastikan bahwa tidak ada data, opini, atau pernyataan yang salah atau menyesatkan ketika dipublikasikan di jurnal Jitika, dengan kondisi apapun, isi artikel dan iklan yang diterbitkan di Jurnal ilmiah teknologi infomasi asia adalah murni merupakan tanggung jawab masing-masing penulis dan pengiklan. Pengguna situs web ini akan dilisensikan dengan menggunakan materi dari situs web ini setelah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0. Tidak ada biaya yang dibebankan. Silakan gunakan materi yang sesuai.
Anda bebas untuk:
Bagikan - salin dan sebarkan materi dalam media atau format apa pun.
Adaptasi - remix, transformasikan, dan bangun berdasarkan materi untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti ketentuan lisensi