Rancang Bangun Chatbot Untuk Meningkatkan Performa Bisnis

Penulis

  • Eka Larasati Amalia Politeknik Negeri Malang
  • Dimas Wahyu Wibowo Politeknik Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.32815/jitika.v13i2.410

Kata Kunci:

Chatbot, Chatfuel, Bisnis

Abstrak

Chatbot merupakan aplikasi/layanan yang berinteraksi dengan pengguna melalui percakapan teks. Chatbot bekerja untuk menggantikan peranan manusia dalam melayani pembicaraan melalui aplikasi pesan. Chatbot telah menjadi lebih populer di grup bisnis saat ini karena Bot memastikan semua pesan dari pelanggan bisa ditangani dengan cepat dan perusahaan dapat menghemat biaya operasional. Selain itu dengan adanya chatbot tempat usaha bisnis dapat menyediakan layanan yang aktif selama 24 jam. Pada penelitian ini akan dibuat rancang bangun Chatbot menggunakan Chatfuel untuk mengembangkan usaha bisnis. Pada Bot yang dibangun ini dapat membantu pemilik bisnis untuk melakukan pencatatan pesanan, pemrosesan pesanan, pencatatan pelanggan, informasi lokasi bisnis dan memudahkan transaksi pembayaran.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Bhavika R. Ranoliya, Nidhi Raghuwanshi, and Sanjay Singh. Chatbot for University Related FAQs. IEEE, 2016, pp 1525-1530.
E. Pratt, “A Primer Artificial Intelligence and Chatbots in Technical Communication – A Primer,” pp. 2–9, 2017.
Nudtaporn Rosruen and Taweesak Samanchuen. Chatbot Utilization for Medical Consultant System. The 2018 Technology Innovation Management and Engineering Science International Conference (TIMES-iCON2018).
S. Divya, V. Indumathi, S. Ishwarya, M. Priyasankari, and S. Kalpana Devi, “A Self-Diagnosis Medical Chatbot Using Artificial Intelligence,” J. Web Dev. Web Des., vol. 3, no. 1, pp. 1–7, 2018.
S. Rupesh, P. Manmath, S. Nirmala, P.Harskumar, M.Nitin. Chatbot using TensorFlow for small Businesses, in Proceedings of the 2nd International Conference on Inventive Communication and Computational Technologies (ICICCT 2018) IEEE Xplore Compliant - Part Number: CFP18BAC-ART; ISBN:978-1-5386-1974-2.
W. Mokhammad Hadi, Sarosa M, T.Herman. Rancang Bangun Chatbot Pembelajaran Java Pada Google Classroom Dan Facebook Messenger. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK) Vol. 5, No. 3, Agustus 2018, hlm. 287-296.

Unduhan

Diterbitkan

2019-10-03

Cara Mengutip

Amalia, E. L., & Wibowo, D. W. (2019). Rancang Bangun Chatbot Untuk Meningkatkan Performa Bisnis. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 13(2), 137–142. https://doi.org/10.32815/jitika.v13i2.410