Peningkatan Performansi Rumah Sakit Melalui Rekomendasi Sistem Berbasis Fuzzy-Mamdani dengan Pemanfaatan Grafik Barber-Johson

Main Article Content

Erwien Tjipta Wijaya

Abstract

Persaingan akan pelayanan rumah sakit di Indonesia sekarang ini sudah seperti menjadi persaingan bisnis antar perusahaan, dimana rumah sakit saling berlomba - lomba untuk memberikan pelayanan terbaiknya dan berlomba – lomba untuk mengikuti standar mutu pelayanan secara nasional seperti hal-nya akreditasi sampai dengan standar mutu pelayanan secara internasional seperti ISO (International Standard Organization). Maka dari itu diperlukan sebuah teknik manajemen salah satunya adalah Barber-Johnson yang digunakan untuk mengetahui idealnya pemakaian kasur pada rawat inap. Tetapi dalam kenyataannya barber-johnson tidak bisa digunakan secara langsung sehinggaperlu modifikasi, salah satunya adalah dengan teknik logika fuzzy dengan inferensi mamdani. Sehingga peramalan jumlah tempat tidur yang harus disediakan mencapai nilai keakurasian 90%.

Article Details

How to Cite
WIJAYA, Erwien Tjipta. Peningkatan Performansi Rumah Sakit Melalui Rekomendasi Sistem Berbasis Fuzzy-Mamdani dengan Pemanfaatan Grafik Barber-Johson. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 37-51, feb. 2012. ISSN 2580-8397. Available at: <https://jurnal.stmikasia.ac.id/index.php/jitika/article/view/48>. Date accessed: 29 may 2022.
Section
Articles