Perancangan Informastion Retrieval (IR) Berbasis Term Frequency-Inverse Document Frequency (TF-IDF) untuk Peringkasan Teks Tugas Khusus Berbahasa Indonesia

Main Article Content

Erwien Tjipta Wijaya

Abstract

Tugas khusus merupakan salah satu prasyarat kelulusan di STMIK ASIA. Informasi yang terdapat pada laporan tugas khusus terbilang cukup banyak, pada laporan tugas akhir berkisar antara 50 hingga 100 halaman. Karena begitu banyaknya informasi yang terkandung, tidak jarang seseorang mengalami kesulitan baik dalam mencari maupun memahami isi dari laporan tersebut.
Pemanfaatan Information Retrieval dalam peringkasan teks pada laporan Tugas Khusus, dapat membantu user dalam memahami isi laporan Tugas Khusus secara garis besar. Basis yang digunakan adalah Term Frequency Inverse Document Frequency (TF-IDF) dan Cosine Similarity. Kesimpulan yang dapat diambil dari pembuatan rancangan Information Retrieval ini adalah bahwa sistem yang dirancang untuk membantu user dan memberikan informasi ringkas laporan Tugas Khusus.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
WIJAYA, Erwien Tjipta. Perancangan Informastion Retrieval (IR) Berbasis Term Frequency-Inverse Document Frequency (TF-IDF) untuk Peringkasan Teks Tugas Khusus Berbahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 78-93, feb. 2013. ISSN 2580-8397. Available at: <https://jurnal.stmikasia.ac.id/index.php/jitika/article/view/78>. Date accessed: 23 sep. 2018.
Section
Articles