Deteksi Dini Masalah dalam Proses Belajar Mengajar Secara Daring Menggunakan Sistem AT-OLP

Main Article Content

Karfindo Karfindo Rifa Turaina

Abstract

Masa pandemi covid-19 memaksa banyaknya sektor di berbagai bidang untuk melakukan pekerjaan dari rumah, begitu juga dalam bidang pendidikan. Berbagai sekolah mulai dari tingkat dasar sampai tingkat perguruan tinggi, diminta untuk melaksanakan proses belajar mengajar dari rumah secara online atau yang biasa disebut dengan pembelajaran daring. Pemanfaatan e-learning memang membantu dalam pelaksanaan pembelajaran daring, sehingga membuat mahasiswa belajar mandiri dan motivasi meningkat namun ada kesulitan yang terjadi dalam mengontrol pelaksanaan pembelajaran daring sehingga mahasiswa tidak terawasi dengan efektif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode FAST karena kerangka kerjanya yang cukup fleksibel untuk berbagai jenis proyek dan strategi. Untuk melakukan control maka digunakan sistem AT-OTP adalah sistem yang digunakan untuk melakukan monitoring terhadap kegiatan proses belajar mengajar secara daring, dengan menggunakan konsep keterbukaan terhadap semua aktifitas yang dilakukan. Sehingga dengan adanya saling terbuka maka masalah yang dihadapi bisa segara diketahui dan dicarikan solusi terhadap permasalah tersebut.


Kata Kunci : Pembelajaran daring, e-learning, system AT-OTP

Article Details

How to Cite
KARFINDO, Karfindo; TURAINA, Rifa. Deteksi Dini Masalah dalam Proses Belajar Mengajar Secara Daring Menggunakan Sistem AT-OLP. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, [S.l.], v. 15, n. 2, may 2021. ISSN 2580-8397. Available at: <https://jurnal.stmikasia.ac.id/index.php/jitika/article/view/485>. Date accessed: 29 nov. 2021. doi: https://doi.org/10.32815/jitika.v15i2.485.
Section
Articles