Deteksi Dini Masalah dalam Proses Belajar Mengajar Secara Daring Menggunakan Sistem AT-OLP

Authors

  • Karfindo Karfindo STMIK Indonesia Padang
  • Rifa Turaina STMIK Indonesia Padang

DOI:

https://doi.org/10.32815/jitika.v15i2.485

Keywords:

Pembelajaran daring, e-learning, system AT-OTP

Abstract

Masa pandemi covid-19 memaksa banyaknya sektor di berbagai bidang untuk melakukan pekerjaan dari rumah, begitu juga dalam bidang pendidikan. Berbagai sekolah mulai dari tingkat dasar sampai tingkat perguruan tinggi, diminta untuk melaksanakan proses belajar mengajar dari rumah secara online atau yang biasa disebut dengan pembelajaran daring. Pemanfaatan e-learning memang membantu dalam pelaksanaan pembelajaran daring, sehingga membuat mahasiswa belajar mandiri dan motivasi meningkat namun ada kesulitan yang terjadi dalam mengontrol pelaksanaan pembelajaran daring sehingga mahasiswa tidak terawasi dengan efektif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode FAST karena kerangka kerjanya yang cukup fleksibel untuk berbagai jenis proyek dan strategi. Untuk melakukan control maka digunakan sistem AT-OTP adalah sistem yang digunakan untuk melakukan monitoring terhadap kegiatan proses belajar mengajar secara daring, dengan menggunakan konsep keterbukaan terhadap semua aktifitas yang dilakukan. Sehingga dengan adanya saling terbuka maka masalah yang dihadapi bisa segara diketahui dan dicarikan solusi terhadap permasalah tersebut.

Kata Kunci : Pembelajaran daring, e-learning, system AT-OTP

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] D. H. Oktawirawan, “Faktor Pemicu Kecemasan Siswa dalam Melakukan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19,” J. Ilm. Univ. Batanghari Jambi, vol. 20, no. 2, pp. 541–544, 2020.
[2] D. I. K. Subang, “Efektivitas Implementasi Pembelajaran Daring (FULL Online) Dimasa Pandemi COVID-19 pada Jenjang Sekolah Dasar Di Kabupaten Subang,” J. Ilm. PGSD STKIP Subang, vol. VI, no. 01, pp. 1–9, 2020.
[3] R. Pakpahan and Y. Fitriani, “p-ISSN : 2598-8700 ( Printed ) ANALISA PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI TENGAH PANDEMI VIRUS CORONA COVID-19 JISAMAR ( Journal of Information System , Applied , Management , Accounting and Researh ) p-ISSN : 2598-8700 ( Pri,” J. Inf. Syst. Applied, Manag. Account. Res., vol. 4, no. 2, pp. 30–36, 2020.
[4] S. Mariko, “PERANCANGAN PORTAL E-LEARNING MENGGUNAKAN DRUPAL CMS SEBAGAI PENUNJANG PERKULIAHAN PADA MASA PANDEMI COVID-19,” Ilm. Educ., vol. 6, no. 2, 2020.
[5] Y. Pujilestari, “Dampak Positif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19,” Adalah Bul. Huk. dan Keadilan, vol. 4, no. 1, pp. 49–56, 2020.
[6] Y. P. Utami, D. Alan, D. Cahyono, and U. T. Indonesia, “STUDY AT HOME : ANALISIS KESULITAN BELAJAR,” J. Ilm. Mat. Realis., vol. 1, no. 1, pp. 20–26, 2020.
[7] A. Sadikin et al., “Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19 ( Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic ),” J. Ilm. Pendidik. Biol., vol. 6, no. 1, pp. 214–224, 2020.
[8] B. Setiaji, P. Ariadi, and C. Dinata, “Analisis kesiapan mahasiswa jurusan pendidikan fisika menggunakan e-learning dalam situasi pandemi Covid-19 Analysis of e-learning readiness on physics education students during Covid-19 pandemic,” J. Inov. Pendidik. IPA, vol. 6, no. 1, pp. 59–70, 2020.
[9] F. S. Didin, I. Mardiono, and H. D. Yanuarso, “Analisis Beban Kerja Mental Mahasiswa saat Perkuliahan Online Synchronous dan Asynchronous Menggunakan Metode Rating Scale Mental Effort,” J. OPSI, vol. 13, no. 1, pp. 49–55, 2020.
[10] Brooke, J. (2013). SUS: A Retrospective. Journal of Usability Studies, 29-40.

Published

04-05-2021

How to Cite

Karfindo, K., & Turaina, R. (2021). Deteksi Dini Masalah dalam Proses Belajar Mengajar Secara Daring Menggunakan Sistem AT-OLP. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 15(2). https://doi.org/10.32815/jitika.v15i2.485