Deteksi Dini Masalah dalam Proses Belajar Mengajar Secara Daring Menggunakan Sistem AT-OLP
DOI:
https://doi.org/10.32815/jitika.v15i2.485Keywords:
Pembelajaran daring, e-learning, system AT-OTPAbstract
Masa pandemi covid-19 memaksa banyaknya sektor di berbagai bidang untuk melakukan pekerjaan dari rumah, begitu juga dalam bidang pendidikan. Berbagai sekolah mulai dari tingkat dasar sampai tingkat perguruan tinggi, diminta untuk melaksanakan proses belajar mengajar dari rumah secara online atau yang biasa disebut dengan pembelajaran daring. Pemanfaatan e-learning memang membantu dalam pelaksanaan pembelajaran daring, sehingga membuat mahasiswa belajar mandiri dan motivasi meningkat namun ada kesulitan yang terjadi dalam mengontrol pelaksanaan pembelajaran daring sehingga mahasiswa tidak terawasi dengan efektif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode FAST karena kerangka kerjanya yang cukup fleksibel untuk berbagai jenis proyek dan strategi. Untuk melakukan control maka digunakan sistem AT-OTP adalah sistem yang digunakan untuk melakukan monitoring terhadap kegiatan proses belajar mengajar secara daring, dengan menggunakan konsep keterbukaan terhadap semua aktifitas yang dilakukan. Sehingga dengan adanya saling terbuka maka masalah yang dihadapi bisa segara diketahui dan dicarikan solusi terhadap permasalah tersebut.
Kata Kunci : Pembelajaran daring, e-learning, system AT-OTP
Downloads
References
[2] D. I. K. Subang, “Efektivitas Implementasi Pembelajaran Daring (FULL Online) Dimasa Pandemi COVID-19 pada Jenjang Sekolah Dasar Di Kabupaten Subang,” J. Ilm. PGSD STKIP Subang, vol. VI, no. 01, pp. 1–9, 2020.
[3] R. Pakpahan and Y. Fitriani, “p-ISSN : 2598-8700 ( Printed ) ANALISA PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI TENGAH PANDEMI VIRUS CORONA COVID-19 JISAMAR ( Journal of Information System , Applied , Management , Accounting and Researh ) p-ISSN : 2598-8700 ( Pri,” J. Inf. Syst. Applied, Manag. Account. Res., vol. 4, no. 2, pp. 30–36, 2020.
[4] S. Mariko, “PERANCANGAN PORTAL E-LEARNING MENGGUNAKAN DRUPAL CMS SEBAGAI PENUNJANG PERKULIAHAN PADA MASA PANDEMI COVID-19,” Ilm. Educ., vol. 6, no. 2, 2020.
[5] Y. Pujilestari, “Dampak Positif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19,” Adalah Bul. Huk. dan Keadilan, vol. 4, no. 1, pp. 49–56, 2020.
[6] Y. P. Utami, D. Alan, D. Cahyono, and U. T. Indonesia, “STUDY AT HOME : ANALISIS KESULITAN BELAJAR,” J. Ilm. Mat. Realis., vol. 1, no. 1, pp. 20–26, 2020.
[7] A. Sadikin et al., “Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19 ( Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic ),” J. Ilm. Pendidik. Biol., vol. 6, no. 1, pp. 214–224, 2020.
[8] B. Setiaji, P. Ariadi, and C. Dinata, “Analisis kesiapan mahasiswa jurusan pendidikan fisika menggunakan e-learning dalam situasi pandemi Covid-19 Analysis of e-learning readiness on physics education students during Covid-19 pandemic,” J. Inov. Pendidik. IPA, vol. 6, no. 1, pp. 59–70, 2020.
[9] F. S. Didin, I. Mardiono, and H. D. Yanuarso, “Analisis Beban Kerja Mental Mahasiswa saat Perkuliahan Online Synchronous dan Asynchronous Menggunakan Metode Rating Scale Mental Effort,” J. OPSI, vol. 13, no. 1, pp. 49–55, 2020.
[10] Brooke, J. (2013). SUS: A Retrospective. Journal of Usability Studies, 29-40.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis mengirimkan naskah dan pengertian bahwa jika diterima untuk proses dipublikasi, hak cipta dari artikel tersebut akan diberikan kepada jurnal ilmiah teknologi informasi asia. Jurnal ilmiah teknologi informasi asia (Jitika) dan Lp2m Stmik Asia Malang sebagai penerbit jurnal, komponen Hak cipta mencakup hak untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm, dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya.
Jurnal ilmiah teknologi infomasi asia, dan Lp2m ITB Asia Malang, beserta jajaran para redaksi berusaha keras untuk memastikan bahwa tidak ada data, opini, atau pernyataan yang salah atau menyesatkan ketika dipublikasikan di jurnal Jitika, dengan kondisi apapun, isi artikel dan iklan yang diterbitkan di Jurnal ilmiah teknologi infomasi asia adalah murni merupakan tanggung jawab masing-masing penulis dan pengiklan. Pengguna situs web ini akan dilisensikan dengan menggunakan materi dari situs web ini setelah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0. Tidak ada biaya yang dibebankan. Silakan gunakan materi yang sesuai.
Anda bebas untuk:
Bagikan - salin dan sebarkan materi dalam media atau format apa pun.
Adaptasi - remix, transformasikan, dan bangun berdasarkan materi untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti ketentuan lisensi