Deteksi Dini Masalah dalam Proses Belajar Mengajar Secara Daring Menggunakan Sistem AT-OLP
DOI:
https://doi.org/10.32815/jitika.v15i2.485Kata Kunci:
Pembelajaran daring, e-learning, system AT-OTPAbstrak
The pandemic period covid-19 pandemic period forced many sectors in various fields to do work from home, as well as in education. Various schools ranging from elementary to tertiary level, are asked to carry out the teaching and learning process from home online or what is commonly referred to as online learning. The use of e-learning does help in the implementation of online learning, thus making students learn independently and motivation increases but there are difficulties that occur in controlling the implementation of online learning so that students are not supervised effectively. The research method used in this study is the FAST method because the framework is flexible enough for various types of projects and strategies. To control, the AT-OTP system is used is a system used to monitor the teaching and learning process activities online, using the concept of openness to all activities carried out. So that with the open mutual, the problems faced can be immediately known and sought solutions to these problems.
Keywords: Online learning, e-learning, AT-OTP system
Unduhan
Referensi
[2] D. I. K. Subang, “Efektivitas Implementasi Pembelajaran Daring (FULL Online) Dimasa Pandemi COVID-19 pada Jenjang Sekolah Dasar Di Kabupaten Subang,” J. Ilm. PGSD STKIP Subang, vol. VI, no. 01, pp. 1–9, 2020.
[3] R. Pakpahan and Y. Fitriani, “p-ISSN : 2598-8700 ( Printed ) ANALISA PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI TENGAH PANDEMI VIRUS CORONA COVID-19 JISAMAR ( Journal of Information System , Applied , Management , Accounting and Researh ) p-ISSN : 2598-8700 ( Pri,” J. Inf. Syst. Applied, Manag. Account. Res., vol. 4, no. 2, pp. 30–36, 2020.
[4] S. Mariko, “PERANCANGAN PORTAL E-LEARNING MENGGUNAKAN DRUPAL CMS SEBAGAI PENUNJANG PERKULIAHAN PADA MASA PANDEMI COVID-19,” Ilm. Educ., vol. 6, no. 2, 2020.
[5] Y. Pujilestari, “Dampak Positif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19,” Adalah Bul. Huk. dan Keadilan, vol. 4, no. 1, pp. 49–56, 2020.
[6] Y. P. Utami, D. Alan, D. Cahyono, and U. T. Indonesia, “STUDY AT HOME : ANALISIS KESULITAN BELAJAR,” J. Ilm. Mat. Realis., vol. 1, no. 1, pp. 20–26, 2020.
[7] A. Sadikin et al., “Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19 ( Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic ),” J. Ilm. Pendidik. Biol., vol. 6, no. 1, pp. 214–224, 2020.
[8] B. Setiaji, P. Ariadi, and C. Dinata, “Analisis kesiapan mahasiswa jurusan pendidikan fisika menggunakan e-learning dalam situasi pandemi Covid-19 Analysis of e-learning readiness on physics education students during Covid-19 pandemic,” J. Inov. Pendidik. IPA, vol. 6, no. 1, pp. 59–70, 2020.
[9] F. S. Didin, I. Mardiono, and H. D. Yanuarso, “Analisis Beban Kerja Mental Mahasiswa saat Perkuliahan Online Synchronous dan Asynchronous Menggunakan Metode Rating Scale Mental Effort,” J. OPSI, vol. 13, no. 1, pp. 49–55, 2020.
[10] Brooke, J. (2013). SUS: A Retrospective. Journal of Usability Studies, 29-40.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis mengirimkan naskah dan pengertian bahwa jika diterima untuk proses dipublikasi, hak cipta dari artikel tersebut akan diberikan kepada jurnal ilmiah teknologi informasi asia. Jurnal ilmiah teknologi informasi asia dan Lp2m Stmik Asia Malang sebagai penerbit jurnal, komponen Hak cipta mencakup hak untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm, dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya.
Jurnal ilmiah teknologi infomasi asia, dan Lp2m ITB Asia Malang, beserta jajaran para redaksi berusaha keras untuk memastikan bahwa tidak ada data, opini, pernyataan yang salah atau menyesatkan ketika dipublikasikan di jurnal, dengan kondisi apapun, isi artikel dan iklan yang diterbitkan di Jurnal ilmiah teknologi infomasi asia adalah murni merupakan tanggung jawab masing-masing penulis dan pengiklan. Pengguna situs web ini akan dilisensikan dengan menggunakan materi dari situs web ini setelah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0. Tidak ada biaya yang dibebankan. Silakan gunakan materi yang sesuai.
Anda bebas untuk:
Bagikan - salin dan sebarkan materi dalam media atau format apa pun
Adaptasi - remix, transformasikan, dan bangun berdasarkan materi untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti ketentuan lisensi