Analisa Perbandingan Kualitas Pelayanan Web E-Commerce Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan WebQual 4.0

Main Article Content

Angga Hernawan Rachman Komarudin Nurul Afni

Abstract

E-commerce adalah perpaduan antara proses bisnis dengan teknologi informasi dimana pebisnis dengan pelanggan melakukan sebuah transaksi elektronik secara online. Faktor pendukung e-commerce salah satunya adalah website. Saat ini banyaknya masyarakat yang  berbelanja online atau bisa di sebut e-commerce yang ada di Indonesia seperti Lazada, Tokopedia dan Bukalapak. Kualitas dari website e-commerce dapat berpengaruh pada banyaknya pelanggan yang memutuskan untuk online shopping pada e-commerce tersebut, untuk mengetahui tinggi dan rendahnya kualitas suatu website di tentukan melalui Webqual 4.0.


Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kuesioner Manual terhadap 150 responden yang menggunakan web E-commerce Tokopedia, Lazada dan Bukalapak. Kemudian dilakukan analisis terhadap data-data yang diperoleh berupa analisis deskripstif untuk untuk menganalisis profil responden penyajian data melalui tabel, analisis kuantitatif meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi linear berganda.


Dari penelitian terhadap 150 responden, hasil penelitian menunjukkan pengaruh signifikan antar variable, yaitu (1) Kegunaan terhadap Kepuasan, (2) Kualitas Informasi terhadap Kepuasan, dan (3) Kualitas Interaksi Layanan terhadap Kepuasan, hasil analisis baik dinilai baik secara parsial maupun simultan kualitas website

Article Details

How to Cite
HERNAWAN, Angga; KOMARUDIN, Rachman; AFNI, Nurul. Analisa Perbandingan Kualitas Pelayanan Web E-Commerce Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan WebQual 4.0. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, [S.l.], v. 15, n. 1, p. 39-50, apr. 2021. ISSN 2580-8397. Available at: <https://jurnal.stmikasia.ac.id/index.php/jitika/article/view/511>. Date accessed: 29 july 2021. doi: https://doi.org/10.32815/jitika.v15i1.511.
Section
Articles