Analisa Perbandingan Kualitas Pelayanan Web E-Commerce Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan WebQual 4.0
DOI:
https://doi.org/10.32815/jitika.v15i1.511Kata Kunci:
E-Commerce, Kualitas Web, Kepuasan, Regresi Linear BergandaAbstrak
Electronic Commerce (E-commerce) is the activity of buying or selling of products on online services or over the internet. One of the supporting factors that make E-commerce grows is the way they develop websites that make it easier for consumer to buy or sell their products. Since the quality of e-commerce websites can affect the number of customers who decide to shop through an e-commerce system, The Author decided to make a comparison between three well-known E-commerce website such as Tokopedia, Bukalapak, Lazada through WebQual 4.0.
In this research, the author uses an manually survey method to 150 respondents who use the three well known E-commerce websites above. The data obtained from the survey were analyzed using descriptive methods, quantitative methods, validity test, reliability test, and multiple linear regression tests. and the results are presented in a table format. The result of the survey to 150 respondents showed three significant influences between variables such as (1) In use satisfaction, (2) Information on quality satisfaction, and (3) Quality of Service Interaction, the results of the analysis were based on both partial or simultaneous website quality.
Unduhan
Referensi
Fauziah, D. A. N. W. (2018). Pengukuran kualitas layanan bukalapak.com terhadap kepuasan konsumen dengan metode webqual 4.0, 3(2), 173–180.
Furkonudin, Emi Suryadi, D. (2016). EVALUASI KUALITAS LAYANAN WEBSITE E-COMMERCE, 6–7
Ghozali, Imam. 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”.
Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Nada, N. Q., & Wibowo, S. (2015). Pengukuran Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik Menggunakan Metode Webqual 4.0. Jurnal Informatika Upgris, 1(2 Desember), 122–131.
Nugroho, A. K., & Sari, P. K. (2016). ANALISIS PENGARUH KUALITAS WEBSITE TOKOPEDIA TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4 . 0 THE EFFECT ANALYSIS OF TOKOPEDIA WEBSITE QUALITY TOWARDS USER SATISFACTION USING WEBQUAL 4 . 0 METHOD, 3(3), 2930–2937.
Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,
Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Tehubijuluw, Florentina dan Sugiarto. 2014. Metodologi Penelitian Cara Mudah Membuat Makalah, Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Tangerang: PT. Matana Bina Utama
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis mengirimkan naskah dan pengertian bahwa jika diterima untuk proses dipublikasi, hak cipta dari artikel tersebut akan diberikan kepada jurnal ilmiah teknologi informasi asia. Jurnal ilmiah teknologi informasi asia dan Lp2m Stmik Asia Malang sebagai penerbit jurnal, komponen Hak cipta mencakup hak untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm, dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya.
Jurnal ilmiah teknologi infomasi asia, dan Lp2m ITB Asia Malang, beserta jajaran para redaksi berusaha keras untuk memastikan bahwa tidak ada data, opini, pernyataan yang salah atau menyesatkan ketika dipublikasikan di jurnal, dengan kondisi apapun, isi artikel dan iklan yang diterbitkan di Jurnal ilmiah teknologi infomasi asia adalah murni merupakan tanggung jawab masing-masing penulis dan pengiklan. Pengguna situs web ini akan dilisensikan dengan menggunakan materi dari situs web ini setelah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0. Tidak ada biaya yang dibebankan. Silakan gunakan materi yang sesuai.
Anda bebas untuk:
Bagikan - salin dan sebarkan materi dalam media atau format apa pun
Adaptasi - remix, transformasikan, dan bangun berdasarkan materi untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti ketentuan lisensi