Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Dosen Pendidikan Agama Islam Menggunakan Fuzzy C-Means (Studi Kasus Di Universitas Kaltara)
DOI:
https://doi.org/10.32815/jitika.v16i1.649Keywords:
tingkat kepuasan, Fuzzy C-Means, GUI MATLABAbstract
Kaltara University (Unikaltar) is a private university located in North Kalimantan. Unikaltar conducts development efforts on stabilizing the quality of management and human resources. Based on this, it is necessary to measure the level of student satisfaction with the service of lecturers in teaching, especially Islamic education. The purpose this study to measure the level of student satisfaction with the ministry of lecturers in teaching Islamic education. The method used is fuzzy C-Means algorithm with GUI MATLAB. The stages of the research method that will be carried out include data collection, data input, Validity and Reliability Test, data classification using Fuzzy C-Means algorithm with GUI MATLAB, and analyzing output into two groups, namely group C1 (Dissatisfied) and group C2 (Satisfied). Satisfaction levels in odd semesters are high where the number of C1 (27%) and C2 (73%) groups is also high, with the number of C1 (30%) and C2 (30%) groups.
Downloads
References
2. Azhari, Suprihatin. 2017. Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Dosen dalam Mengajar Mata Kuliah K3 di Jurusan Analisis Kesehatan. Jurnal Husada Mahakam. Vol. IV, No.4, hh. 195-205.
3. Jindal, K., Sharma, M & Sharma, Dr, B.K. 2014. Data mining to support Decision Process in Decision support system. International Journal of Emerging Technology dan Advanced Engiinering. Vol. 4, Special Issue 1.
4. Kasmari, Marlien, R.A. 2018. Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Pelayanan Pada Universitas Stikubank Semarang. Dinamika Teknik. Vol. XI, No.1, hh. 22-38.
5. Kemala, R.F., Astuti, I.F., Maharani, S. 2019. Penerapan Metode Fuzzy C-Means Pada Aplikasi Simulasi TOELF (Test Of English As a Foreign Language) Berbasis Web (Studi Kasus : Fakultas MIPA Universitas Mulawarman). Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, Vol. 14, No. 1, Hal. 17-20.
6. Kurniawan, R & Haqiqi, B.N. 2015. Pengelompokan Menggunakan Metode Subtractive Fuzzy C-Means (SFCM), Studi Kasus Demam Berdarah Di JawaTimur. Statistika, Vol. 3, No. 2, hh. 22-30.
7. Nidyashofa, Nurika & Istiawan, Deden. 2017. Penerapan Algoritma Fuzzy C-Means Untuk Pengelompokan Kabupaten/Kota Di Jawa Tengah Berdasarkan Status Kesejahteraan Tahun 2015. URECOL, hh. 23-29.
8. Ridwan, Rismanto., I, Fahrur Rozi & A. Prasetyo. 2017. Implementasi Fuzzy C-Means untuk Prediksi Perilaku Mahasiswa berdasarkan Jumlah Ketidakhadiran. SMARTICS. Vol. 3, No. 2, hh. 39-45.
9. Sahu, H, Sharma, S & Gondhalakar, S.A. 2012. Brief Overview on Data mining Survey. International Journal of Computer Technology dan Electronics Engineering (IJTEE). Vol. 1, Issue 3.
10. Tan, P. N., Steinbach, M, & Kumar, V. 2006. Introduction to Data Mining. Boston : Pearson Education.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis mengirimkan naskah dan pengertian bahwa jika diterima untuk proses dipublikasi, hak cipta dari artikel tersebut akan diberikan kepada jurnal ilmiah teknologi informasi asia. Jurnal ilmiah teknologi informasi asia (Jitika) dan Lp2m Stmik Asia Malang sebagai penerbit jurnal, komponen Hak cipta mencakup hak untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm, dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya.
Jurnal ilmiah teknologi infomasi asia, dan Lp2m ITB Asia Malang, beserta jajaran para redaksi berusaha keras untuk memastikan bahwa tidak ada data, opini, atau pernyataan yang salah atau menyesatkan ketika dipublikasikan di jurnal Jitika, dengan kondisi apapun, isi artikel dan iklan yang diterbitkan di Jurnal ilmiah teknologi infomasi asia adalah murni merupakan tanggung jawab masing-masing penulis dan pengiklan. Pengguna situs web ini akan dilisensikan dengan menggunakan materi dari situs web ini setelah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0. Tidak ada biaya yang dibebankan. Silakan gunakan materi yang sesuai.
Anda bebas untuk:
Bagikan - salin dan sebarkan materi dalam media atau format apa pun.
Adaptasi - remix, transformasikan, dan bangun berdasarkan materi untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti ketentuan lisensi