Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Dosen Pendidikan Agama Islam Menggunakan Fuzzy C-Means (Studi Kasus Di Universitas Kaltara)
DOI:
https://doi.org/10.32815/jitika.v16i1.649Kata Kunci:
tingkat kepuasan; Fuzzy C-Means; GUI MATLABAbstrak
Universitas Kaltara (Unikaltar) merupakan perguruan tinggi swasta yang berada di Kalimantan Utara. Unikaltar melakukan upaya pengembangan salah satunya berfokus pemantapan mutu manajemen dan sumber daya manusia. Berdasarkan hal tersebut, maka perlu dilakukan pengukuran tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan dosen dalam mengajar khususnya pendidikan Agama Islam di Unikaltar. Tujuan dari penelitian ini adalah mengukur tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan dosen dalam mengajar pendidikan Agama Islam di Unikaltar. Adapun metode yang digunakan adalah algoritma Fuzzy C-Means berbantu GUI MATLAB. Tahapan metode penelitian yang akan dilakukan meliputi pengumpulan data, input data, Uji Validitas dan Reliabilitas, pengklasteran data menggunakan algoritma Fuzzy C-Means berbantu GUI MATLAB,serta menganalisis output menjadi dua kelompok yaitu kelompok C1 (Tidak Puas) dan kelompok C2 (Puas). Didapatkan tingkat kepuasan di semester Ganjil tergolong tinggi dimana jumlah kelompok C1 (27%) dan kelompok C2 (73%), sedangkan tingkat kepuasan di semester Genap tergolong tinggi juga dimana jumlah kelompok C1 (30%) dan kelompok C2 (30%).
Unduhan
Referensi
2. Azhari, Suprihatin. 2017. Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Dosen dalam Mengajar Mata Kuliah K3 di Jurusan Analisis Kesehatan. Jurnal Husada Mahakam. Vol. IV, No.4, hh. 195-205.
3. Jindal, K., Sharma, M & Sharma, Dr, B.K. 2014. Data mining to support Decision Process in Decision support system. International Journal of Emerging Technology dan Advanced Engiinering. Vol. 4, Special Issue 1.
4. Kasmari, Marlien, R.A. 2018. Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Pelayanan Pada Universitas Stikubank Semarang. Dinamika Teknik. Vol. XI, No.1, hh. 22-38.
5. Kemala, R.F., Astuti, I.F., Maharani, S. 2019. Penerapan Metode Fuzzy C-Means Pada Aplikasi Simulasi TOELF (Test Of English As a Foreign Language) Berbasis Web (Studi Kasus : Fakultas MIPA Universitas Mulawarman). Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, Vol. 14, No. 1, Hal. 17-20.
6. Kurniawan, R & Haqiqi, B.N. 2015. Pengelompokan Menggunakan Metode Subtractive Fuzzy C-Means (SFCM), Studi Kasus Demam Berdarah Di JawaTimur. Statistika, Vol. 3, No. 2, hh. 22-30.
7. Nidyashofa, Nurika & Istiawan, Deden. 2017. Penerapan Algoritma Fuzzy C-Means Untuk Pengelompokan Kabupaten/Kota Di Jawa Tengah Berdasarkan Status Kesejahteraan Tahun 2015. URECOL, hh. 23-29.
8. Ridwan, Rismanto., I, Fahrur Rozi & A. Prasetyo. 2017. Implementasi Fuzzy C-Means untuk Prediksi Perilaku Mahasiswa berdasarkan Jumlah Ketidakhadiran. SMARTICS. Vol. 3, No. 2, hh. 39-45.
9. Sahu, H, Sharma, S & Gondhalakar, S.A. 2012. Brief Overview on Data mining Survey. International Journal of Computer Technology dan Electronics Engineering (IJTEE). Vol. 1, Issue 3.
10. Tan, P. N., Steinbach, M, & Kumar, V. 2006. Introduction to Data Mining. Boston : Pearson Education.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis mengirimkan naskah dan pengertian bahwa jika diterima untuk proses dipublikasi, hak cipta dari artikel tersebut akan diberikan kepada jurnal ilmiah teknologi informasi asia. Jurnal ilmiah teknologi informasi asia dan Lp2m Stmik Asia Malang sebagai penerbit jurnal, komponen Hak cipta mencakup hak untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm, dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya.
Jurnal ilmiah teknologi infomasi asia, dan Lp2m ITB Asia Malang, beserta jajaran para redaksi berusaha keras untuk memastikan bahwa tidak ada data, opini, pernyataan yang salah atau menyesatkan ketika dipublikasikan di jurnal, dengan kondisi apapun, isi artikel dan iklan yang diterbitkan di Jurnal ilmiah teknologi infomasi asia adalah murni merupakan tanggung jawab masing-masing penulis dan pengiklan. Pengguna situs web ini akan dilisensikan dengan menggunakan materi dari situs web ini setelah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0. Tidak ada biaya yang dibebankan. Silakan gunakan materi yang sesuai.
Anda bebas untuk:
Bagikan - salin dan sebarkan materi dalam media atau format apa pun
Adaptasi - remix, transformasikan, dan bangun berdasarkan materi untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti ketentuan lisensi