Implementasi Aplikasi Smart City Pada Management Informasi Mitigasi Bencana Kekeringan

  • Muhammad Ilham Alhari Universitas Telkom
  • Hilda Nuraliza Universitas Telkom
  • Asti Amalia Nur Fajrillah Universitas Telkom

Abstract

Kabupaten Sragen merupakan daerah yang tergolong rawan bencana kekeringan saat ini. Menurut data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sragen (BPBD) bahwa jumlah titik kekeringan di Kabupaten Sragen mencapai 110 titik (2017), hingga meningkat menjadi 146 titik pada tahun (2018) yang tersebar di berbagai Kecamatan. untuk itu diperlukan upaya-upaya yang dapat mengurangi resiko bencana kekeringan tersebut, antara lain dengan melakukan monitoring ketersediaan air dan publikasi akses data kepada masyarakat daerah yang terdampak kekeringan. Dalam penelitian ini melalui metode waterfall yang digunakan sebagai metode penelitian .penerapan sistem aplikasi ini akan memonitor ketersediaan air bersih dengan penggunaan aplikasi digital yang dilengkapi dengan database yang akurat dan real time untuk memantau ketersediaan air bersih di Kabupaten Sragen, sehingga penerapan sistem monitoring yang terintegrasi antara Lembaga pemerintah dan masyarakat yang dibuat dengan tujuan memudahkan akses pelayanan keduanya sangat bersinergi  dalam  mengatasi bencana kekeringan di Kabupaten Sragen terutama pada akses keterbukaan data informasi yang selalu update agar masyarakat dapat mudah berperan aktif membantu sesama. Untuk itu, aplikasi management mitigasi bencana kekeringan bisa mendorong pada pelayanan yang modern dan mendukung Kabupaten Sragen menuju smart city.


Kata kunci:   aplikasi, bencana kekeringan,  database, monitoring, smart city.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Tujni, B., & Hutrianto, H. (2020). Pengembangan Perangkat Lunak Monitoring Wellies Dengan Metode Waterfall Model. Jurnal Ilmiah Matrik, 22(1), 122-130.
Putra, A. P., Andriyanto, F., Karisman, K., & Harti, T. D. M. (2020). PENGUJIAN APLIKASI POINT OF SALE MENGGUNAKAN BLACKBOX TESTING. Jurnal Bina Komputer, 2(1),74–78.
Debiyanti, D., Sutrisna, S., Budrio, B., Kamal, A. K., & Yulianti, Y. (2020). Pengujian Black Box pada Perangkat Lunak Sistem Penilaian Mahasiswa Menggunakan Teknik Boundary Value Analysis. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 5(2), 162-166.
Suyatno, D. F., & Rochana, I. H. (2020). PENGUKURAN KEPUASAN PENGGUNA WEBSITE DENGAN MENGGUNAKAN USABILITY TESTING. JIEET (Journal of Information Engineering and Educational Technology), 4(2), 67-74.
Rahmawati, N. W. S., Gultom, R. A., & Deni, D. A. R. (2020). MODEL SISTEM APLIKASI WEBGIS KEBUTUHAN LOGISTIK TANGGAP DARURAT GUNA MENDUKUNG SISTEM PERTAHANAN NEGARA. Teknologi Penginderaan, 1(1).
Naufal, A. Z. (2020). LKP: Rancang Bangun Aplikasi Pengelolaan Tanggap Bencana Berbasis Mobile pada BSMI Surabaya (Doctoral dissertation, Universitas Dinamika).
Nasution, D. A. D., Ramadhan, P. R., Batubara, S. S., Syah, D. H., & Alpi, M. F. (2020). Identifikasi Strategi Keberhasilan Layanan E-Government Di Kota Medan. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 11(2), 106-112.
Arafah, Y., & Winarso, H. (2020). Peningkatan dan Penguatan Partisipasi Mayarakat dalam Konteks Smart City. Tata Loka, 22(1), 27-40.
bnpb.go.id. 2021 informasi bencana: Publikasi, BNPB Bencana.https://www.bnpb.go.id/informasi-bencana (diakses tanggal 11 April 2021)
Published
2022-01-17
How to Cite
ALHARI, Muhammad Ilham; NURALIZA, Hilda; FAJRILLAH, Asti Amalia Nur. Implementasi Aplikasi Smart City Pada Management Informasi Mitigasi Bencana Kekeringan. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, [S.l.], v. 16, n. 1, p. 9-18, jan. 2022. ISSN 2580-8397. Available at: <https://jurnal.stmikasia.ac.id/index.php/jitika/article/view/654>. Date accessed: 03 july 2024. doi: https://doi.org/10.32815/jitika.v16i1.654.