Rancang Bangun Pengenalan Citra Bunga Berdasarkan Bentuk Tepi Bunga Menggunakan Metode Euclidian Distance

Main Article Content

Rina Dewi Indah Sari Yuliana Melita

Abstract

Pendidikan pada anak-anak diusia dini atau taman kanak-kanak (TK) sangatlah dibutuhkan karena merupakan tahap awal untuk pengenalan alam sekitar. Metode pengajaran yang sering dilakukan oleh guru-guru TK masih menggunakan cara yang manual misalnya dengan tanya jawab, bercerita dan diskusi.


Sehingga daya ingat anak untuk mengenali alam sekitar kurang dan sering lupa, kelemahan lainnya anak-anak cepat bosan dengan cara mengajar yang manual. Dibuatlah aplikasi bertujuan untuk mengenali jenis bunga. Ciri yang digunakan dalam proses pengenalan bunga adalah bentuk dari tepi bunga. Selanjutnya dilakukan pengolahan gambar meliputi proses grayscale, thersholding, dan deteksi tepi. Dan Feature vector yang dihasilkan dari proses preprocessing akan disimpan dalam database. Pada tahap testing merupakan tahap pengguna memberikan input ke dalam program berupa query image. Pada tahap ini query image juga akan diekstraksi ciri-cirinya untuk menghasilkan feature vector. Feature vector yang diperoleh pada tahap testing kemudian dibandingkan dengan nilai yang terdapat di dalam data base dengan menggunakan metode Euclidean Distance. Prinsip utama dalam metode Euclidean Distance, jarak yang memiliki nilai terdekat dengan query image akan ditampilkan sebagai hasil dari proses pencarian.


Dari hasil penelitian ini diperoleh hasil uji coba yang diketahui tingkat keberhasilannya sebesar 83,3% dari 12 gambar uji yang dikenali hanya 10 gambar saja. Yang menyebabkan gambar tidak berhasil dikenali ada banyak faktor. Antara lain range bobot antara gambar satu dengan yang lain yang sempit. Selain itu juga hampir samanya bentuk dari gambar sehingga memiliki nilai yang hamper sama, sehingga sistem kurang bisa mengenali gambar dengan tepat.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
SARI, Rina Dewi Indah; MELITA, Yuliana. Rancang Bangun Pengenalan Citra Bunga Berdasarkan Bentuk Tepi Bunga Menggunakan Metode Euclidian Distance. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 69-77, feb. 2013. ISSN 2580-8397. Available at: <https://jurnal.stmikasia.ac.id/index.php/jitika/article/view/69>. Date accessed: 15 nov. 2018.
Section
Articles