Perancangan Sistem Peramalan Penjualan Barang Pada UD Achmad Jaya Dengan Metode Triple Exponential Smoothing

Main Article Content

Tria Aprilianto Imam Fauzi

Abstract

Peramalan jumlah penjualan obat adalah salah satu cara untuk menentukan stok obat di gudang. Selain itu tujuan dari peramalan penjualan agar tidak terjadi penumpukan stok di gudang UD ACHMAD JAYA. Karena jika terjadi penumpukan stok akan mempengaruhi jumlah pembelian atau order ulang di bulan berikutnya.


Metode yang biasanya digunakan untuk meramalkan adalah metode triple exponential smothing. Dengan memanfaatkan sistem statistika khususnya triple exponential smoothing dibuat perancangan sistem peramalan stok barang pada UD ACHMAD JAYA berdasarkan data penjualan obat. Output yang dihasilkan berupa hasil peramalan penjualan obat dari perhitungan dengan menggunakan metode triple exponential smoothing. Pengujian dilakukan dengan jumlah dataset yang berbeda.


Hasil akhir yang diperoleh dengan menginputkan data penjualan dua tahun terakhir tahun 2013 dan tahun 2014. Setelah data dihitung akan mengasilkan nilai peramalan dan nilai ketepatan metode. Hasil peramalan dibulan berikutnya Januari tahun 2015 adalah 194,60 dengan alpha 0,1 dan nilai kesalahan dalam peramalan atau MAPE 29,29.

Article Details

How to Cite
APRILIANTO, Tria; FAUZI, Imam. Perancangan Sistem Peramalan Penjualan Barang Pada UD Achmad Jaya Dengan Metode Triple Exponential Smoothing. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 73-86, aug. 2016. ISSN 2580-8397. Available at: <https://jurnal.stmikasia.ac.id/index.php/jitika/article/view/95>. Date accessed: 30 july 2021.
Section
Articles