Rancang Bangun Sistem Keamanan Sepeda Motor Menggunakan Arduino Nano Dan Android Via Bluetooth

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Maria Theresia Indriastuti Samsul Arifin Nur Fadhilah Tria Aprilianto

Abstrak

Tingginya kasus pencurian sepeda motor menyebabkan kekhawatiran di kalangan pengguna sepeda motor. Pencurian sepeda motor bisa terjadi di mana saja dan kapan saja. Pencurian dapat dilakukan karena menggunakan kunci T atau menggunakan cairan kimia umum yang disebut setan. Meskipun pabrik telah menyediakan kunci stang dan kunci magnetik (seri sepeda motor baru) tetap saja pencurian dapat terjadi.


Sistem keamanan ini terdiri dari beberapa perangkat keras yang saling berhubungan yang menggunakan Arduino Nano, sensor getaran, modul SIM800l untuk mengirim Short Message Service (SMS), smartphone android dan modul bluetooth sebagai komunikasi antara android dengan arduino, juga menggunakan modul relay sebagai penghubung antara Arduino dan listrik sepeda motor.


Dari hasil pengujian sistem secara keseluruhan dan tingkat keamanan sistem, hal ini menunjukkan bahwa sistem mampu memberikan peringatan dalam bentuk SMS gateway dan menyalakan klakson ketika mendeteksi getaran atau mendeteksi perubahan. kondisi dari OFF ke ON di rumah kunci, dan sistem dapat mengubah kondisi OFF ke ON di kunci rumah dengan menggunakan ponsel android tanpa kunci kontak manual.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

How to Cite
INDRIASTUTI, Maria Theresia et al. Rancang Bangun Sistem Keamanan Sepeda Motor Menggunakan Arduino Nano Dan Android Via Bluetooth. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, [S.l.], v. 14, n. 1, p. 19-30, peb. 2020. ISSN 2580-8397. Tersedia pada: <https://jurnal.stmikasia.ac.id/index.php/jitika/article/view/425>. Tanggal Akses: 07 apr. 2020 doi: https://doi.org/10.32815/jitika.v14i1.425.
Bagian
Artikel