Analisis Sentimen Tiktok Shop Menggunakan Metode Multinomial Naïve Bayes Dan BM25
Kata Kunci:
TikTok Shop, BM25, Analisis Sentimen, Multinomial Naïve BayesAbstrak
Dalam era digital saat ini, TikTok merupakan aplikasi populer di kalangan pengguna internet. Salah satu fitur yang menonjol adalah TikTok Shop yang memungkinkan pengguna untuk berbelanja langsung melalui platform tersebut. Namun, pada 4 Oktober 2023 TikTok Shop dihentikan sementara oleh pemerintah karena kebijakan regulasi perdagangan online. Setelah dibuka kembali pada 12 Desember 2023, beragam tanggapan masyarakat muncul sebagai respons terhadap fenomena ini. Penelitian ini melakukan analisis sentimen terhadap TikTok Shop dengan mengamati tanggapan masyarakat di Twitter menggunakan metode klasifikasi Multinomial Naïve Bayes dengan pembobotan kata menggunakan metode BM25 dan TF-IDF. Hasil analisis menunjukkan mayoritas sentimen positif terkait TikTok Shop yang menunjukkan ketidaksetujuan terhadap kebijakan penutupan sebelumnya. Pada pengujian dengan ukuran sampel uji sebesar 10% BM25 menunjukkan kinerja sedikit lebih baik daripada TF-IDF.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Andrew Arjunanda Yasin, Dwi Arman Prasetya, Tresna Maulana Fahrudin
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis mengirimkan naskah dan pengertian bahwa jika diterima untuk proses dipublikasi, hak cipta dari artikel tersebut akan diberikan kepada jurnal ilmiah teknologi informasi asia. Jurnal ilmiah teknologi informasi asia dan Lp2m Stmik Asia Malang sebagai penerbit jurnal, komponen Hak cipta mencakup hak untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm, dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya.
Jurnal ilmiah teknologi infomasi asia, dan Lp2m ITB Asia Malang, beserta jajaran para redaksi berusaha keras untuk memastikan bahwa tidak ada data, opini, pernyataan yang salah atau menyesatkan ketika dipublikasikan di jurnal, dengan kondisi apapun, isi artikel dan iklan yang diterbitkan di Jurnal ilmiah teknologi infomasi asia adalah murni merupakan tanggung jawab masing-masing penulis dan pengiklan. Pengguna situs web ini akan dilisensikan dengan menggunakan materi dari situs web ini setelah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0. Tidak ada biaya yang dibebankan. Silakan gunakan materi yang sesuai.
Anda bebas untuk:
Bagikan - salin dan sebarkan materi dalam media atau format apa pun
Adaptasi - remix, transformasikan, dan bangun berdasarkan materi untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti ketentuan lisensi