Analisis Sentimen Tiktok Shop Menggunakan Metode Multinomial Naïve Bayes Dan BM25

Penulis

  • Andrew Arjunanda Yasin Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Dwi Arman Prasetya
  • Tresna Maulana Fahrudin

Kata Kunci:

TikTok Shop, BM25, Analisis Sentimen, Multinomial Naïve Bayes

Abstrak

Dalam era digital saat ini, TikTok merupakan aplikasi populer di kalangan pengguna internet. Salah satu fitur yang menonjol adalah TikTok Shop yang memungkinkan pengguna untuk berbelanja langsung melalui platform tersebut. Namun, pada 4 Oktober 2023 TikTok Shop dihentikan sementara oleh pemerintah karena kebijakan regulasi perdagangan online. Setelah dibuka kembali pada 12 Desember 2023, beragam tanggapan masyarakat muncul sebagai respons terhadap fenomena ini. Penelitian ini melakukan analisis sentimen terhadap TikTok Shop dengan mengamati tanggapan masyarakat di Twitter menggunakan metode klasifikasi Multinomial Naïve Bayes dengan pembobotan kata menggunakan metode BM25 dan TF-IDF. Hasil analisis menunjukkan mayoritas sentimen positif terkait TikTok Shop yang menunjukkan ketidaksetujuan terhadap kebijakan penutupan sebelumnya. Pada pengujian dengan ukuran sampel uji sebesar 10% BM25 menunjukkan kinerja sedikit lebih baik daripada TF-IDF.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-28

Cara Mengutip

Yasin, A. A., Prasetya, D. A., & Fahrudin, T. M. (2024). Analisis Sentimen Tiktok Shop Menggunakan Metode Multinomial Naïve Bayes Dan BM25. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 18(2), 24–31. Diambil dari https://jurnal.stmikasia.ac.id/index.php/jitika/article/view/1004