Implementasi Sistem Layanan Pengaduan Masyarakat Kecamatan Medan Amplas Berbasis Website

Penulis

  • Yudha Sansena Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.32815/jitika.v15i2.611

Kata Kunci:

website, Pengaduan Masyarakat, Kecamatan Medan Amplas

Abstrak

Semakin majunya penggunaan teknologi informasi, sudah semestinya setiap instansi pemerintah berusaha dalam meningkatkan kualitas pelayanannya. Salah satunya dalam pelayanan pengaduan masyarakat adalah bentuk partisipasi pemerintah untuk membangun dan mengawasi kinerja instansi pemerintah dalam melayani masyarakat. Pada penelitian ini mengambil studi kasus di Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan dimana masyarakat masih sulit menyampaikan keluhan yang ada di lingkungan mereka terhadap pemerintah setempat. Sehingga orang yang tidak mengerti menyebarkan keluhannya di tempat yang salah. Oleh sebab itu, perlu adanya sistem layanan pengaduan masyarakat berbasis website sebagai ruang aspirasi yang dapat diakses dengan mudah. Perancangan website menggunakan metode Waterfall, dibangun dengan bahasa skrip Sublime Text 3, PHP serta Xampp 7.4.6 sebagai database-nya, dan pengujian sistem menggunakan blackbox testing sehingga membuat sistem informasi berbasis website sebagai sarana untuk memenuhi aspirasi publik yang relevan dan tersedia di Internet.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Firmansyah, C., & S, C. T. (2018). SISTEM LAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT LINGKUP DESA GUNUNGTANJUNG BERBASIS WEB DAN SMS GATEWAY DENGAN METODE ANTRIAN FIFO. JUMANTAKA, 01(01), 201–210.
Hardiansah, Safi’i, I., Suryono, S., Ciptaningrum, W., & Primandaru, R. R. (2017). RANCANGAN APLIKASI LAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT DENGAN METODE EXTREME PROGRAMMING ( Studi kasus : Kabupaten Ngawi ). Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia, 32, 7–12.
Mahdias, H. Z., Aryadita, H., & Wicaksono, S. A. (2019). Pengembangan Aplikasi Layanan Pengaduan Masyarakat Untuk Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Pasuruan Berbasis Android. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(1), 167–176.
Mursalim, S. W. (2018). ANALISIS MANAJEMEN PENGADUAN SISTEM LAYANAN ASPIRASI PENGADUAN ONLINE RAKYAT (LAPOR) DI KOTA BANDUNG. Jurnal Ilmu Administrasi ( JIA ), XV(1), 1–17.
Rohmatun, S., Widihastuti, I., & Khosyi, M. (2017). Pengembangan Sistem Informasi Pengaduan Masyarakat Kabupaten Jepara Berbasis Web. Jurnal Transistor Elektro Dan Informatika (TRANSISTOR EI), 2(2), 111–123.
Sari, D. M., & S, A. (2020). IMPLEMENTASI SISTEM PENGENALAN WISATA BAHARI BERBASIS WEBSITE KABUPATEN MAJENE. 13(2).

Unduhan

Diterbitkan

2021-09-08

Cara Mengutip

Sansena, Y. (2021). Implementasi Sistem Layanan Pengaduan Masyarakat Kecamatan Medan Amplas Berbasis Website. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 15(2), 91–102. https://doi.org/10.32815/jitika.v15i2.611