MEMBANGUN SISTEM PAKAR UNTUK MENGIDENTIFIKASI JENIS PENYAKIT PADA TANAMAN JERUK BERBASIS WIRELESS APLICATION PROTOCOL (WAP) DENGAN WIRELESS MARKUP LANGUAGE (WML) DAN PHP HYPERTEXT PREPROCESSOR (PHP)

Main Article Content

Titania Dwi Andini Jaenal Arifin

Abstract

Untuk meningkatkan mutu dan mencegah penurunan hasil produksi jeruk yang disebabkan oleh penyakit jeruk, maka petani memerlukan informasi yang akurat mengenai penyakit jeruk serta cara pengendalian yang tepat. Teknologi kecerdasan buatan telah membuka wacana baru dalam dunia teknologi komputer. Dengan sistem pakar yang merupakan bagian dari teknologi kecerdasan buatan telah mampu memberi solusi dalam mendapatkan informasi yang diperlukan petani tentang jenis penyakit jeruk dan cara pengendaliannya. Satu lagi teknologi yang saat ini telah berkembang pesat dan memasyarakat adalah perangkat nirkabel yang diantaranya adalah telepon seluler (ponsel). Dengan teknologi wireless aplication protocol (WAP), informasi-informasi penting dan aplikasi-aplikasi berorientasi internet dapat disajikan ke dalam ponsel. Perkembangan teknologi yang terjadi saat sekarang telah memungkin-kan sistem pakar untuk diaplikasikan penggunaannya pada ponsel. Salah satu-nya dapat dimanfaatkan dalam pemberian informasi mengenai penyakit pada tanaman jeruk, penyebab serta cara pengendaliannya. Sistem pakar mengguna-kan teknik pencarian heuristik dan Metode inferensi forward dan backward chaining. Pengguna dari sistem pakar dibagi menjadi dua kategori yaitu umum dan administrator. Fasilitas yang diberikan untuk pengguna umum dan administrator dibedakan sesuai dengan
kebutuhannya masing-masing. Pengguna umum diberi kemudahan dalam mendapatkan informasi berbagai jenis penyakit pada tanaman jeruk beserta gejala-gejala yang ditimbulkan, penyebab penyakit dan cara pengendaliannya serta dapat melakukan konsultasi layaknya dengan seorang pakar tanaman jeruk melalui tanya jawab antara pengguna dengan sistem guna mengidentifikasi jenis penyakit. Sedang administrator dimudahkan dalam mengelola sistem, baik proses tambah, hapus maupun update data.

Article Details

How to Cite
ANDINI, Titania Dwi; ARIFIN, Jaenal. MEMBANGUN SISTEM PAKAR UNTUK MENGIDENTIFIKASI JENIS PENYAKIT PADA TANAMAN JERUK BERBASIS WIRELESS APLICATION PROTOCOL (WAP) DENGAN WIRELESS MARKUP LANGUAGE (WML) DAN PHP HYPERTEXT PREPROCESSOR (PHP). Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 34-60, dec. 2008. ISSN 2580-8397. Available at: <https://jurnal.stmikasia.ac.id/index.php/jitika/article/view/115>. Date accessed: 16 jan. 2021.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)