SUGGESTIONS FRIENDS ENGINE BERBASIS HYBRID RECOMMENDER SYSTEM UNTUK MENDAPATKAN REKOMENDASI TEMAN TERBAIK PADA WEB JEJARING SOSIAL

Main Article Content

Titania Dwi Andini Adnan Zulkarnain

Abstract

Pertumbuhan jejaring sosial saat ini sangat pesat. Hampir semua orang mempunyai akun disalah satu situs jejaring sosial. Selama ini kita juga belum menemukan jejaring sosial yang benar-benar memberikan sebuah koneksi atau hubungan yang nyata. Sehingga tercipta sebuah mesin rekomendasi yang bisa membantu user menemukan teman terbaik mereka dalam sebuah web jejaring sosial.


                Suggestions friends Enginehadir dan diharapkan bisa memberikan saran terbaik user yang cocok untuk dijadikan teman pada sebuah situs jejaring sosial. Adapun teknik pengumpulan datanya pertama adalah mempelajari dan mengumpulkan bahan dengan melakukan pencarian buku maupun jurnal. Kedua, mengunjungi beberapa web jejaring sosial dan mempelajari sistem yang ada. Ketiga, menerapkan ide dari website jejaring sosial yang telah dikunjungi ke rancangan sistem yang akan dibuat. Keempat, merancang suggestions friends engine seperti yang diinginkan. Kelima, mengimplementasikan suggestions friends engine dalam bentuk aplikasi web menggunakan PHP.


                Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian adalah membuat sistem rekomendasi untuk sebuah jejaring sosial memiliki konsep yang berbeda dengan sistem rekomendasi yang lain, karena item yang direkomendasikan adalah manusia bukan barang. Dengan demikian, sebuah faktor ‘sosial’ menjadi sangat perlu diperhatikan ketika membuat rekomendasi.

Article Details

How to Cite
DWI ANDINI, Titania; ZULKARNAIN, Adnan. SUGGESTIONS FRIENDS ENGINE BERBASIS HYBRID RECOMMENDER SYSTEM UNTUK MENDAPATKAN REKOMENDASI TEMAN TERBAIK PADA WEB JEJARING SOSIAL. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 32-49, aug. 2013. ISSN 2580-8397. Available at: <https://jurnal.stmikasia.ac.id/index.php/jitika/article/view/131>. Date accessed: 14 aug. 2022.
Section
Articles