Penerapan Mobile-First Design pada Antarmuka Website Profil Sekolah Menggunakan Metode Human-Centred Design (Studi Kasus: SMPN 21 Malang)

Main Article Content

Adnan Zulkarnain

Abstract

Sekolah dapat memanfaatkan kemajuan teknologi dengan cara membuat website profil sekolah. Website profil sekolah bisa digunakan oleh sekolah sebagai media promosi dan penyebaran informasi. Selama ini tampilan website profil sekolah SMPN21 Malang dibuat seadanya, tampilan yang tidak menarik, serta kecepatan aksesnya yang begitu lambat. Tampilan website profil sekolah yang tidak menarik serta kecepatan akses yang lambat memberikan kesan bahwa SMPN21 Malang tidak serius dalam pemanfaatan kemajuan teknologi. Dari permasalahan yang dimiliki oleh SMPN21 Malang maka diperlukan perubahan pada website profil sekolah yang dimiliki. Pada penelitian ini dilakukan penerapan teknik mobile-first design antarmuka website profil sekolah SMPN21 Malang menggunakan  metode pengembangan antarmuka yaitu Human-Centred Design. Hasil pengujian usability testing menunjukkan tingkat kebergunaan desain prototype antarmuka yang sudah dibuat memiliki rata-rata 86,66%. Sedangkan hasil pengujian kecepatan aksesnya rata-ratanya adalah 2,66 detik.

Article Details

How to Cite
ZULKARNAIN, Adnan. Penerapan Mobile-First Design pada Antarmuka Website Profil Sekolah Menggunakan Metode Human-Centred Design (Studi Kasus: SMPN 21 Malang). Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, [S.l.], v. 13, n. 2, p. 125-136, sep. 2019. ISSN 2580-8397. Available at: <https://jurnal.stmikasia.ac.id/index.php/jitika/article/view/408>. Date accessed: 22 apr. 2021. doi: https://doi.org/10.32815/jitika.v13i2.408.
Section
Articles