Rancang Bangun Aplikasi E-Commerce Untuk Meningkatkan Pendapatan UMKM
DOI:
https://doi.org/10.32815/jitika.v14i2.473Keywords:
e-commerce, umkm, sistem informasi, perancanganAbstract
Perkembangan teknologi informasi saat ini menyebabkan persaingan antar industri semakin ketat. Persaingan tersebut berdampak terhadap perkembangan sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM). Para pelaku UMKM seringkali kurang menyadari pentingnya teknologi informasi dalam hal ini sistem perdangan online (e-commerce) yang berfungsi untuk meningkatkan cakupan penjualan produk serta dapat mempercepat proses bisnis yang ada. Khususnya UMKM di Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Malang terbatas pada penjualan yang dilakukan secara otodidak tanpa menggunakan dukungan teknologi informasi. Hal tersebut berdampak pada produk yang dijual tidak banyak diketahui oleh masyarakat secara umum yang menyebabkan pendapatan UMKM cenderung rendah. Oleh karena itu dalam penelitian ini berusaha merancang sebuah aplikasi e-commerce yang bertujuan untuk meningkatkan pendapatan UMKM khususnya di lingkungan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Malang.
Downloads
References
Achjari, D. (2000). Potensi Manfaat Dan Problem Di E-Commerce. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Indonesia, 15(3), 388–395. Retrieved from http://www.amazon.com
Adiguna, A. R., Saputra Chandra, M., & Pradana, F. (2018). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Gudang pada PT Mitra Pinasthika Mulia Surabaya. Pengantar Sistem Informasi, 2(2), 612–621. https://doi.org/10.1016/j.humimm.2008.04.008
Depkop. (2018). Perkembangan Data Usaha Mikro , Kecil , Menengah Dan Usaha Besar. Www.Depkop.Go.Id, 2000(1), 1.
Hidayat, A. A., & Achjari, D. (2017). Pengaruh Investasi Teknologi Informasi Terhadap Efisiensi Organisasi. Kajian Bisnis STIE Widya Wiwaha, 25(2), 127–140. https://doi.org/10.32477/jkb.v25i2.234
Mahaseptiviana, A., Tjandrarini, A. B., & Sudarmaningtyas, P. (2014). Analisa Perancangan Sistem Informasi Penjualan Air Minum Pada CV. Air Putih. JSINBIS (Jurnal Sistem Informasi Bisnis), Vol.3 No.(2), 157–165. Retrieved from https://ejournal.undip.ac.id/index.php/jsinbis/article/view/19493/pdf
Mumtahana, Hani Atun, Nita, S., & Tito, A. W. (2017). khazanah informatika Pemanfaatan Web E-Commerce untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran. Pemanfaatan Web E-Commerce Untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran, 3(1), 6–15. Retrieved from http://journals.ums.ac.id/index.php/khif/article/view/3309/2784
Zahra, F. S. (2017). Perancangan Website E-Commerce pada Toko Tawazun Outdoor dengan Metode Market Basket Analysis Fidelia. Jurnal Ilmiah Informatika Komputer Universitas Gunadarma, 216–234.
Zulkarnain, A. (2019). Penerapan Mobile-First Design pada Antarmuka Website Profil Sekolah Menggunakan Metode Human-Centred Design (Studi Kasus: SMPN 21 Malang). Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 13(2), 125–136.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis mengirimkan naskah dan pengertian bahwa jika diterima untuk proses dipublikasi, hak cipta dari artikel tersebut akan diberikan kepada jurnal ilmiah teknologi informasi asia. Jurnal ilmiah teknologi informasi asia (Jitika) dan Lp2m Stmik Asia Malang sebagai penerbit jurnal, komponen Hak cipta mencakup hak untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm, dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya.
Jurnal ilmiah teknologi infomasi asia, dan Lp2m ITB Asia Malang, beserta jajaran para redaksi berusaha keras untuk memastikan bahwa tidak ada data, opini, atau pernyataan yang salah atau menyesatkan ketika dipublikasikan di jurnal Jitika, dengan kondisi apapun, isi artikel dan iklan yang diterbitkan di Jurnal ilmiah teknologi infomasi asia adalah murni merupakan tanggung jawab masing-masing penulis dan pengiklan. Pengguna situs web ini akan dilisensikan dengan menggunakan materi dari situs web ini setelah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0. Tidak ada biaya yang dibebankan. Silakan gunakan materi yang sesuai.
Anda bebas untuk:
Bagikan - salin dan sebarkan materi dalam media atau format apa pun.
Adaptasi - remix, transformasikan, dan bangun berdasarkan materi untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti ketentuan lisensi