Aplikasi Electronic Learning (E-Learning) Berbasis Open Source dalam Proses Belajar Mengajar di STMIK AsiA Malang

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Muhammad Rofiq Sunu Jatmika

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengaplikasikan sistem e-learning berbasis open source sebagai salah satu metode perkuliahan pada STMIK ASIA Malang dalam rangka peningkatan mutu dan kualitas perkuliahan. Pengembangan model e-learning dalam aplikasi perkuliahan pada STMIK Asia Malang dilakukan mengikuti pendekatan engineering dengan tahapan-tahapan: analisis, desain, implementasi, evaluasi, dan revisi. Pada disain managemen tools dihasilkan arsitektur sistem, diagram use case untuk setiap sub-sistem, serta flowchart dosen dan mahasiswa. Dipilih CMS Moodle sebagai software open source untuk aplikasi sistem e-learning karena mudah pemakaiannya dan fitur lebih lengkap. Pada tahap implementasi dihasilkan halaman web yang merupakan sistem e-learning secara keseluruhan dan pada tahap evaluasi dilakukan ongoing evaluation dan Alpha testing.
Hasil penelitian ini adalah berupa web e-learning sebagai media perkuliahan secara online dengan alamat web www.elearning.asia.ac.id. Penggunaan perangkat pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan mutu dan kualitas perkuliahan yang berdampak pada peningkatan kualitas dan daya saing lulusan.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

How to Cite
ROFIQ, Muhammad; JATMIKA, Sunu. Aplikasi Electronic Learning (E-Learning) Berbasis Open Source dalam Proses Belajar Mengajar di STMIK AsiA Malang. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 52-65, peb. 2012. ISSN 2580-8397. Tersedia pada: <https://jurnal.stmikasia.ac.id/index.php/jitika/article/view/49>. Tanggal Akses: 03 apr. 2020
Bagian
Artikel