Aplikasi Electronic Learning (E-Learning) Berbasis Open Source dalam Proses Belajar Mengajar di STMIK AsiA Malang

  • Muhammad Rofiq STMIK Asia Malang
  • Sunu Jatmika STMIK Asia Malang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengaplikasikan sistem e-learning berbasis open source sebagai salah satu metode perkuliahan pada STMIK ASIA Malang dalam rangka peningkatan mutu dan kualitas perkuliahan. Pengembangan model e-learning dalam aplikasi perkuliahan pada STMIK Asia Malang dilakukan mengikuti pendekatan engineering dengan tahapan-tahapan: analisis, desain, implementasi, evaluasi, dan revisi. Pada disain managemen tools dihasilkan arsitektur sistem, diagram use case untuk setiap sub-sistem, serta flowchart dosen dan mahasiswa. Dipilih CMS Moodle sebagai software open source untuk aplikasi sistem e-learning karena mudah pemakaiannya dan fitur lebih lengkap. Pada tahap implementasi dihasilkan halaman web yang merupakan sistem e-learning secara keseluruhan dan pada tahap evaluasi dilakukan ongoing evaluation dan Alpha testing.
Hasil penelitian ini adalah berupa web e-learning sebagai media perkuliahan secara online dengan alamat web www.elearning.asia.ac.id. Penggunaan perangkat pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan mutu dan kualitas perkuliahan yang berdampak pada peningkatan kualitas dan daya saing lulusan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2012-02-01
How to Cite
ROFIQ, Muhammad; JATMIKA, Sunu. Aplikasi Electronic Learning (E-Learning) Berbasis Open Source dalam Proses Belajar Mengajar di STMIK AsiA Malang. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 52-65, feb. 2012. ISSN 2580-8397. Available at: <https://jurnal.stmikasia.ac.id/index.php/jitika/article/view/49>. Date accessed: 03 july 2024.