SISTEM PEMBATAS DAYA PADA STOP KONTAK BERBASIS MIKROKONTROLER AT89C51

Main Article Content

Muhammad Rofiq

Abstract

Pelanggan listrik umumnya tidak memperhatikan batas maksimum pemakaian daya listrik pda sebuah stop kontak. Hal ini dapat mengakibatkan kebakaran. Untuk itu diperlukan alat untuk membatasi penggunaan daya listrik pada stop kontak.
Sistem pembatas daya ini terdiri dari sensor tegangan, sensor arus, ADC multi kanal (ADC 0809), pengolah data (MCS51), penampil daya (LCD TM162ABC), tombol masukan (keypad matrik 3x4), pemutus arus, dan buzer. Data daya maksimum ditentukan melalui tombol keypad. Nilai tegangan dan arus diperoleh dari sensor tegangan dan sensor arus yang diubah menjadi data digital oleh ADC sebagai data masukan bagi mikrokontroler. Perhitungan daya diperoleh dari perkalian tegangan dan arus. Sedangkan nilai tegangan dan arus berdasarkan akar kuadrat dari integral nilai sesaat kuadrat dibagi periode. LCD akan menampilkan daya maksimum dan sisa daya. Buzer akan berbunyi jika daya terukur melebihi daya maksimumnya dan pemutus arus bekerja jika daya terukur masih lebih. Dari pengujian yang telah dilakukan, alat ini mampu mengukur daya hingga 500 W dengan nilai kesalahan rata-rata 1,6% - 6,1%.

Article Details

How to Cite
ROFIQ, Muhammad. SISTEM PEMBATAS DAYA PADA STOP KONTAK BERBASIS MIKROKONTROLER AT89C51. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 14-21, apr. 2007. ISSN 2580-8397. Available at: <https://jurnal.stmikasia.ac.id/index.php/jitika/article/view/14>. Date accessed: 30 jan. 2023.
Section
Articles