PENGENDALI KAMERA JARAK JAUH DENGAN MEMANFAATKAN DUAL TONE MULTI FREQUENCY BERBASISKAN MIKROKONTROLER AT89C51

  • Muhammad Rofiq STMIK Asia Malang

Abstract

Saat ini dipasaran banyak sekali alat pengaman dengan menggunakan kamera. Tetapi kebanyakan alat yang telah ada adalah jenis statis. Kalaupun ada yang jenis dinamis, pasti harganya mahal. Alat ini adalah alat dengan sistem kendali jarak jauh yang menggunakan gelombang FM sebagai media transmisinya. Data digital yang akan ditransfer, dikodekan terlebih dahulu menggunakan sinyal DTMF.
Prinsip kerja alat ini diawali dengan penekanan tombol keypad pada bagian pemancar. Tombol keypad akan mengirim data digital 4 bit pada enkoder DTMF untuk selanjutnya dikodekan menjadi sinyal DTMF. Sinyal ini kuatkan dan kemudian akan ditansmisikan dalam bentuk gelombang FM. Sinyal keluaran dari penerima FM dikodekan kembali menjadi sinyal digital oleh dekoder DTMF yang digunakan sebagai input dari mikrokontroler untuk menggerakan motor dan relay. Mikrokontroler yang digunakan adalah AT89C51 buatan ATMEL Corp. Jarak antara modul pemancar dan modul penerima 8 meter. Presentase kesalahan frekuensi tinggi DTMF sebesar -0,38% sedangkan presentase kesalahan frekuensi rendah DTMF sebesar -0,25%. Tingkat kesalahan maksimum yang masih bisa ditoleransi sebesar 0,64%

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2006-12-31
How to Cite
ROFIQ, Muhammad. PENGENDALI KAMERA JARAK JAUH DENGAN MEMANFAATKAN DUAL TONE MULTI FREQUENCY BERBASISKAN MIKROKONTROLER AT89C51. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 43-50, dec. 2006. ISSN 2580-8397. Available at: <https://jurnal.stmikasia.ac.id/index.php/jitika/article/view/5>. Date accessed: 25 apr. 2024.