Pembuatan Infrastruktur Database Menggunakan Metode Replikasi Untuk Pelanggan Jagoan Hosting

  • Sulthan Shidqi Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang
  • Danang Arbian Sulistyo STMIK ASIA
  • Fadhli Almu’iini Ahda Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini membahas penggunaan dan penerapan cluster database untuk mengurangi dampak buruk pada website akibat server mengalami downtime, sehingga dapat tetap menjaga trafik pengunjung yang sedang beraktivitas pada website. Pada penelitian ini akan dilakukan implementasi perancangan cluster database dan pengujian hasil dari implemetasi cluster database pada server. Dari hasil tes tersebut akan ditemukan dampak yang ditimbulkan dengan adanya cluster database pada server supaya dapat digunakan sebagai refrensi pada pembuatan infrastruktur sebuah website. Dalam pengujian program dilakukan dengan membandingkan dari hasil system sebelum dilakukan implementasi cluster dan setelah dilakukan implementasi cluster. Dalam uji coba yang telah dilakukan mencapai hasil yang sesuai tidak terjadi downtime pada akses website apabila terjadi kegagalan pada salah satu server database. Dari hasil tersebut menunjukan bahwa cluster database berfungsi dengan baik dalam menjaga uptime website yang ada.


Kata kunci: Cluster, Database, Infrastruktur, Website

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Hermawan, Wafaa Kamilah Maulani (2018). Teknologi Replikasi Hardware, Database Replication & Virtual Operating System [online]. https://medium.com/ [akses 2 Maret 2022].
[2] Indrajani, Johan (2010). Analisis dan Perancangan Sistem High Availability Pada PT. A. Bali : Konferensi Nasional Sistem dan Informatika.
[3] Kusuma, Alfian Dharma (2020). 12 Tipe Database Beserta Pengertianya [online]. https://www.dicoding.com/blog/ [akses 28 Desember 2021].
[4] Pasha, Donaya (2020). Analisis Perbandingan Server Load Balancing Dengan Haproxy & Nginx Dalam Mendukung Kinerja Server E-learning. Jakarta : InComTech.
[5] Trimarsiah, Yunita (2017). Analisis dan Perancangan Website Sebagai Sarana Informasi Pada Lembaga Bahasa Kewirausahaan dan Komputer Akmi Baturaja. Baturaja : AMIK.
[6] Wahyuddin, M. Iwan (2015). Perancangan dan Implementasi High Availability Cluster Web Server Berbasis DBRD dan Heartbeat. Bandung : Seminar Nasional Instrumentasi Kontrol dan Otomasi (SNIKO)
[7] Nugraha, Indra Wahyu (2018). Perancangan Website E-commerce Berbasis Wordpress Pada Butik Larasati Sragen. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta
Published
2022-03-25
How to Cite
SHIDQI, Sulthan; SULISTYO, Danang Arbian; AHDA, Fadhli Almu’iini. Pembuatan Infrastruktur Database Menggunakan Metode Replikasi Untuk Pelanggan Jagoan Hosting. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, [S.l.], v. 16, n. 1, p. 65-74, mar. 2022. ISSN 2580-8397. Available at: <https://jurnal.stmikasia.ac.id/index.php/jitika/article/view/702>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.32815/jitika.v16i1.702.