Perancangan Aplikasi ListenAndShare Sebagai Platform Digital Social Listening Untuk Mendengar dan BerBagi Literatur Audio

Main Article Content

Budi Santoso Abd Hadi

Abstract

Perkembangan internet dan perangkat mobile saat ini telah membentuk cara baru untuk berkomunikasi, dan mencari informasi maupun hiburan. Artikel ini membahas tentang pengembangan aplikasi ListenAndShare sebagai platform digital social listening yaitu media sosial untuk mendengar, membuat dan mendiskusikan literatur dalam bentuk audio. Pengguna bisa menjadi penulis buku, dan mempublikasikan dalam bab demi bab dengan keharusan menyertakan media audio di samping teks tertulis. Pengguna lain bisa mengikuti buku tersebut dan memberikan komentar dan berdiskusi dengan pendengar atau pembaca buku yang lainnya. Fitur berlangganan juga disediakan bagi pendengar yang tertarik untuk mengikuti seluruh karya dari pengarang tertentu yang disukainya. Dengan konsep audio ini pengguna akan dimudahkan untuk menikmati suatu karya sambil menjalankan aktivitas lainnya. Di samping itu aktivitas mendengarkan buku juga bisa dilakukan secara bersama, misalnya dalam keluarga atau dalam lingkaran teman.Pengembangan dilakukan dengan mengadopsi metodologi agile dengan menentukan miminim viable product untuk diimplementasikan sehingga aplikasi bisa segera diujicobakan ke pengguna dan mendapatkan feedback untuk pengembangan lebih lanjut. Aplikasi diimplementasikan secara multiplatform dengan menggunakan framework Flutter.

Article Details

How to Cite
SANTOSO, Budi; HADI, Abd. Perancangan Aplikasi ListenAndShare Sebagai Platform Digital Social Listening Untuk Mendengar dan BerBagi Literatur Audio. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, [S.l.], v. 16, n. 2, p. 139-144, july 2022. ISSN 2580-8397. Available at: <https://jurnal.stmikasia.ac.id/index.php/jitika/article/view/876>. Date accessed: 06 oct. 2022. doi: https://doi.org/10.32815/jitika.v16i2.876.
Section
Articles