Perancangan Aplikasi ListenAndShare Sebagai Platform Digital Social Listening Untuk Mendengar dan BerBagi Literatur Audio

  • Budi Santoso Fakultas Teknologi dan Desain, Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang
  • Abd Hadi Fakultas Teknologi dan Desain, Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang

Abstract

Perkembangan internet dan perangkat mobile saat ini telah membentuk cara baru untuk berkomunikasi, dan mencari informasi maupun hiburan. Artikel ini membahas tentang pengembangan aplikasi ListenAndShare sebagai platform digital social listening yaitu media sosial untuk mendengar, membuat dan mendiskusikan literatur dalam bentuk audio. Pengguna bisa menjadi penulis buku, dan mempublikasikan dalam bab demi bab dengan keharusan menyertakan media audio di samping teks tertulis. Pengguna lain bisa mengikuti buku tersebut dan memberikan komentar dan berdiskusi dengan pendengar atau pembaca buku yang lainnya. Fitur berlangganan juga disediakan bagi pendengar yang tertarik untuk mengikuti seluruh karya dari pengarang tertentu yang disukainya. Dengan konsep audio ini pengguna akan dimudahkan untuk menikmati suatu karya sambil menjalankan aktivitas lainnya. Di samping itu aktivitas mendengarkan buku juga bisa dilakukan secara bersama, misalnya dalam keluarga atau dalam lingkaran teman.Pengembangan dilakukan dengan mengadopsi metodologi agile dengan menentukan miminim viable product untuk diimplementasikan sehingga aplikasi bisa segera diujicobakan ke pengguna dan mendapatkan feedback untuk pengembangan lebih lanjut. Aplikasi diimplementasikan secara multiplatform dengan menggunakan framework Flutter.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Beheshti, J., & Large, J. A. (Eds.). (2013). The information behavior of a new generation: Children and teens in the 21st century. The Scarecrow Press, Inc.
Castela, A., & Costa, C. (2019). So different and yet so similar. Millennials and tourism mobility. Journal of Tourism and Development, 32, 51–64.
Cataldi, Z., & Dominighini, C. (2018). Teaching millennials with creative pedagogies based on their emodemands. 2018 IEEE World Engineering Education Conference (EDUNINE), 1–5.
Cordero, K., Chiuminatto, P., Duncan, S., & Vera, E. (2021). Millennials in the Stacks: Choices, Habits and Attitudes of Frequent Library Users between the Ages of 18–29 in Santiago, Chile. International Information & Library Review, 53(1), 15–34.
Dalessandro, C. (2018). Recruitment tools for reaching millennials: The digital difference. International Journal of Qualitative Methods, 17(1), 1609406918774446.
Gokhale, N. (2019). Online content and post-purchase behavior a study of millennials. Media Watch, 10(special issue), 64.
Harmel, R., & Yeh, Y.-Y. (2019). Impacts of Internet on Openness to Change in China: Millennials Versus Pre-Millennials. Social Science Quarterly, 100(5), 1744–1754.
IFPI. (2018). IFPI Global Music Report 2018. https://www.ifpi.org/news/IFPI-GLOBAL-MUSIC-REPORT-2018
Nakamura, L. (2013). “Words with friends”: Socially networked reading on Goodreads. Pmla, 128(1), 238–243.
Pianzola, F., Rebora, S., & Lauer, G. (2020). Wattpad as a resource for literary studies. Quantitative and qualitative examples of the importance of digital social reading and readers’ comments in the margins. PLoS ONE, 15.
Rahmat, N., Syed, S., & Hasan, H. (2018). Exploring Reading Issues Among Millennials And Genz. https://doi.org/10.5281/zenodo.2430189
Rebora, S., Boot, P., Pianzola, F., Gasser, B., Herrmann, J. B., Kraxenberger, M., Kuijpers, M. M., Lauer, G., Lendvai, P., Messerli, T. C., & Sorrentino, P. (2021). Digital humanities and digital social reading. Digital Scholarship in the Humanities, 36(Supplement_2), ii230–ii250. https://doi.org/10.1093/llc/fqab020
Sarkhel, J., & Das, P. (2010, December). Towards a new generation of reading habits in Internet Era.
Snelling, M. (2021). The Audiobook Market and Its Adaptation to Cultural Changes. Publishing Research Quarterly, 37(4), 642–656. https://doi.org/10.1007/s12109-021-09838-1
How to Cite
SANTOSO, Budi; HADI, Abd. Perancangan Aplikasi ListenAndShare Sebagai Platform Digital Social Listening Untuk Mendengar dan BerBagi Literatur Audio. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, [S.l.], v. 16, n. 2, p. 139-144, july 2022. ISSN 2580-8397. Available at: <https://jurnal.stmikasia.ac.id/index.php/jitika/article/view/876>. Date accessed: 03 july 2024. doi: https://doi.org/10.32815/jitika.v16i2.876.