Perancangan Aplikasi ListenAndShare Sebagai Platform Digital Social Listening Untuk Mendengar dan BerBagi Literatur Audio
DOI:
https://doi.org/10.32815/jitika.v16i2.876Keywords:
ListenAndShare; buku audio, digital social listeningAbstract
Perkembangan internet dan perangkat mobile saat ini telah membentuk cara baru untuk berkomunikasi, dan mencari informasi maupun hiburan. Artikel ini membahas tentang pengembangan aplikasi ListenAndShare sebagai platform digital social listening yaitu media sosial untuk mendengar, membuat dan mendiskusikan literatur dalam bentuk audio. Pengguna bisa menjadi penulis buku, dan mempublikasikan dalam bab demi bab dengan keharusan menyertakan media audio di samping teks tertulis. Pengguna lain bisa mengikuti buku tersebut dan memberikan komentar dan berdiskusi dengan pendengar atau pembaca buku yang lainnya. Fitur berlangganan juga disediakan bagi pendengar yang tertarik untuk mengikuti seluruh karya dari pengarang tertentu yang disukainya. Dengan konsep audio ini pengguna akan dimudahkan untuk menikmati suatu karya sambil menjalankan aktivitas lainnya. Di samping itu aktivitas mendengarkan buku juga bisa dilakukan secara bersama, misalnya dalam keluarga atau dalam lingkaran teman.Pengembangan dilakukan dengan mengadopsi metodologi agile dengan menentukan miminim viable product untuk diimplementasikan sehingga aplikasi bisa segera diujicobakan ke pengguna dan mendapatkan feedback untuk pengembangan lebih lanjut. Aplikasi diimplementasikan secara multiplatform dengan menggunakan framework Flutter.
Downloads
References
Castela, A., & Costa, C. (2019). So different and yet so similar. Millennials and tourism mobility. Journal of Tourism and Development, 32, 51–64.
Cataldi, Z., & Dominighini, C. (2018). Teaching millennials with creative pedagogies based on their emodemands. 2018 IEEE World Engineering Education Conference (EDUNINE), 1–5.
Cordero, K., Chiuminatto, P., Duncan, S., & Vera, E. (2021). Millennials in the Stacks: Choices, Habits and Attitudes of Frequent Library Users between the Ages of 18–29 in Santiago, Chile. International Information & Library Review, 53(1), 15–34.
Dalessandro, C. (2018). Recruitment tools for reaching millennials: The digital difference. International Journal of Qualitative Methods, 17(1), 1609406918774446.
Gokhale, N. (2019). Online content and post-purchase behavior a study of millennials. Media Watch, 10(special issue), 64.
Harmel, R., & Yeh, Y.-Y. (2019). Impacts of Internet on Openness to Change in China: Millennials Versus Pre-Millennials. Social Science Quarterly, 100(5), 1744–1754.
IFPI. (2018). IFPI Global Music Report 2018. https://www.ifpi.org/news/IFPI-GLOBAL-MUSIC-REPORT-2018
Nakamura, L. (2013). “Words with friends”: Socially networked reading on Goodreads. Pmla, 128(1), 238–243.
Pianzola, F., Rebora, S., & Lauer, G. (2020). Wattpad as a resource for literary studies. Quantitative and qualitative examples of the importance of digital social reading and readers’ comments in the margins. PLoS ONE, 15.
Rahmat, N., Syed, S., & Hasan, H. (2018). Exploring Reading Issues Among Millennials And Genz. https://doi.org/10.5281/zenodo.2430189
Rebora, S., Boot, P., Pianzola, F., Gasser, B., Herrmann, J. B., Kraxenberger, M., Kuijpers, M. M., Lauer, G., Lendvai, P., Messerli, T. C., & Sorrentino, P. (2021). Digital humanities and digital social reading. Digital Scholarship in the Humanities, 36(Supplement_2), ii230–ii250. https://doi.org/10.1093/llc/fqab020
Sarkhel, J., & Das, P. (2010, December). Towards a new generation of reading habits in Internet Era.
Snelling, M. (2021). The Audiobook Market and Its Adaptation to Cultural Changes. Publishing Research Quarterly, 37(4), 642–656. https://doi.org/10.1007/s12109-021-09838-1
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis mengirimkan naskah dan pengertian bahwa jika diterima untuk proses dipublikasi, hak cipta dari artikel tersebut akan diberikan kepada jurnal ilmiah teknologi informasi asia. Jurnal ilmiah teknologi informasi asia (Jitika) dan Lp2m Stmik Asia Malang sebagai penerbit jurnal, komponen Hak cipta mencakup hak untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm, dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya.
Jurnal ilmiah teknologi infomasi asia, dan Lp2m ITB Asia Malang, beserta jajaran para redaksi berusaha keras untuk memastikan bahwa tidak ada data, opini, atau pernyataan yang salah atau menyesatkan ketika dipublikasikan di jurnal Jitika, dengan kondisi apapun, isi artikel dan iklan yang diterbitkan di Jurnal ilmiah teknologi infomasi asia adalah murni merupakan tanggung jawab masing-masing penulis dan pengiklan. Pengguna situs web ini akan dilisensikan dengan menggunakan materi dari situs web ini setelah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0. Tidak ada biaya yang dibebankan. Silakan gunakan materi yang sesuai.
Anda bebas untuk:
Bagikan - salin dan sebarkan materi dalam media atau format apa pun.
Adaptasi - remix, transformasikan, dan bangun berdasarkan materi untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti ketentuan lisensi