Perancangan Aplikasi Augmented Reality Untuk Pengenalan Ruangan Menggunakan Marker 3D Objects Tracking

Authors

  • Chaulina Alfianti Oktavia
  • Rosandi Fila Setiawan
  • Andrew Christianto STIKI Malang

Keywords:

Augmented Reality, Pengembangan Aplikasi

Abstract

Aplikasi mobile berbasis android tentang pengenalan ruangan adalah aplikasi yang digunakan untuk memberikan informasi kepada pengguna tentang letak-letak ruangan yang ada di Kampus STIKI Malang. Aplikasi ini merupakan aplikasi mobile berbasis teknologi Augmented Reality (AR) yang dibangun di atas platform Unity, dengan menggunakan Blender dalam desainnya.Dalam pengenalan letak ruangan, aplikasi ini memanfaatkan kamera yang ada di Smartphone yang telah terintegrasi dengan aplikasi Unity, dengan tujuan memunculkan objek ruangan untuk bagian yang  telah disorot kamera di area tertentu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1]BPS. (2016, Mei 20). Jumlah Penduduk dan Laju Pertumbuhan Penduduk Menurut Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur, 2010, 2014, dan 2015. Retrieved from Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur:http://jatim.bps.go.id
[2]Fuhrt, B. (2011). Handbook of Augmented Reality. New York: Spronger..
[3]Govillkar, S., & Amin, D. (2015). Comparative(E, 2011)Study of Augmented Reality SKD's. InternationalJournal on Coputational Sciences & Application (IJCSA), 2-7.
[4]Katiyar, A., Kalra, K., & Grag, C. (2015). Marker Based Augmented Reality. Advance in COmputer Science and Information Technology, vol 2.
[5]Munzi, G. G. (2014). Penerapan Augmented Reality Pada Brosur Mobil Dengan Platform Android Di Toyota Auto 2000 Bandung. Makalah Seminar Tugas Akhir.
[6]Septria, E. (2011). Augmented Reality Panduan Belajar Sholat berdasarkan Buku Teks Belajar Sholat Menggunakan Android. Jurnal Teknik Informatika. Universitas Gunadarma.
[7]Bonafix, Dominicus Nunnun. 2005. Animasi 3D profesional dengan maya. Jakarta: Elex Media Komputido.
[8] Rahman, Abdur. Dkk. 2014. Rancang Bangun Aplikasi Informasi Universitas Bengkulu Sebagai Panduan Pengenalan Kampus Menggunakan Metode Markerless Augmented Reality Berbasis Android.
[9]Br,Ginting, S. L., & Hidayat, E. S. (t.thn.). Penerapan Teknologi Augmented Reality SebagaiMedia
[10]Pengenalan Gedung Baru Unikom Berbasis Android. Majalah Ilmiah UNIKOM, 283-296.
Katiyar, A., Kalra, K., & Garg, C. (2015). Marker Based Augmented Reality. Advances in Computer Science and Information Technology, 2.
[11]Edward, Jhon. 2014. Visualisasi Lingkungan Kampus Politeknik Negeri Batam Menggunakan Augmented Reality.

Published

15-05-2019

How to Cite

Oktavia, C. A., Setiawan, R. F., & Christianto, A. (2019). Perancangan Aplikasi Augmented Reality Untuk Pengenalan Ruangan Menggunakan Marker 3D Objects Tracking. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 13(1), 53–60. Retrieved from https://jurnal.stmikasia.ac.id/index.php/jitika/article/view/332