ANALISIS PENYELESAIAN PUZZLE SUDOKU DENGAN MENERAPKAN ALGORITMA BACKTRACKING MEMANFAATKAN BAHASA PEMROGRAMAN VISUAL BASIC 6.0

Penulis

  • Rina Dewi Indah Sari

Abstrak

Algoritma yang banyak diterapkan dalam mengaplikasikan permainan adalah algoritma backtracking (runut-balik). Dengan menggunakan algoritma ini, penyelesaian suatu permainan, yang melibatkan banyak kemungkinan, dapat diselesaikan dengan lebih cepat. Hal ini dikarenakan, jika kita menggunakan algoritma backtracking, tidak perlu memeriksa semua kemungkinan solusi yang ada. Hanya pencarian yang mengarah ke solusi saja yang perlu dipertimbangkan.
Salah satu jenis permainan yang dapat diselesaikan dengan algoritma runut-balik adalah permainan teka-teki Sudoku. Permainan Sudoku adalah salah satu puzzle yang paling banyak digemari saat ini, dan juga merupakan salah satu permasalahan paling sulit di bidang informatika. Hingga saat ini banyak programmer yang mencari algoritma yang paling mangkus untuk menyelesaikan puzzle ini.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2008-04-02

Cara Mengutip

Sari, R. D. I. (2008). ANALISIS PENYELESAIAN PUZZLE SUDOKU DENGAN MENERAPKAN ALGORITMA BACKTRACKING MEMANFAATKAN BAHASA PEMROGRAMAN VISUAL BASIC 6.0. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 2(2), 1–18. Diambil dari https://jurnal.stmikasia.ac.id/index.php/jitika/article/view/30