Efektifitas Pemanfaatan E-Learning Berbasis Website Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa STMIK Asia Malang Pada Mata Kuliah Fisika Dasar

Penulis

  • Mufidatul Islamiyah
  • Lilis Widayanti

Kata Kunci:

E-Learning, Hasil Belajar, Fisika Dasar

Abstrak

Pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran E-Learning yang berada pada sekolah tinggi menejemen dan ilmu Komputer (STMIK) dilakukan untuk meningkatkan pembelajaran mahasiswa dalam pemahaman materi pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Randomized control group postes design, dimana pada penelitian membagi subjek menjadi dua kelompok. Hasil belajar siswa yang diperoleh melalui postes menunjukkan bahwa selisih postes dari  kelompok control dan eksperimen berbeda secara signifikan. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji t yang diperoleh bahwa t hitung = 3,516 < t tabel = 1,725 yang berarti H0 ditolak. Dengan penolakan H0 ini berarti bahwa hasil belajar siswa pada pokok bahasan rangkaian listrik menggunakan pembelajaran yang memanfaatkan e-learning tidak lebih baik dibandingkan dengan yang menggunakan metode konvensional.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2016-02-01

Cara Mengutip

Islamiyah, M., & Widayanti, L. (2016). Efektifitas Pemanfaatan E-Learning Berbasis Website Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa STMIK Asia Malang Pada Mata Kuliah Fisika Dasar. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 10(1), 41–46. Diambil dari https://jurnal.stmikasia.ac.id/index.php/jitika/article/view/73