Penerapan Data Mining Untuk Clustering Penilaian Kinerja Dosen Menggunakan Algoritma K-Means (Studi Kasus: STMIK Primakara)
DOI:
https://doi.org/10.32815/jitika.v16i2.761Kata Kunci:
Penilaian Kinerja dosen, KDD, Data mining clustering, K-Means, DBIAbstrak
ABSTRAK. Penilaian kinerja dosen adalah suatu proses dalam melakukan evaluasi terhadap kinerja dosen dan mengevaluasi output pekerjaan dosen. Penelitian ini dilakukan untuk mengkelompokkan kinerja dosen dengan memanfaatkan teknik data mining. Penelitian ini bertujuan untuk memudahkan memberikan informasi dan evaluasi kepada dosen dan sebagai bahan mengambil keputusan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Knowledge Discovery in Database (KDD), yang terdiri dari tahapan: Data Selection, Preprocessing/Cleaning, Transformation Data, Data mining, dan Enterpretation/Evaluation. Penerapan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah algoritma K-Means Clustering. Beberapa tahapan yang dilakukan dalam menganalisis dan mengelompokkan kinerja dosen diawali dengan penentuan nilai centroid dari titik pusat secara acak. Proses algoritma K-Means berakhir jika tidak ada perubahan nilai centroid antara satu iterasi dengan iterasi lainnya. Pengujian dilakukan dengan menggunakan aplikasi RapidMiner Studio 9.10 dan menggunakan evaluasi Davies-Bouldin Index (DBI)dengan data input 983 data mahasiswa, sehingga hasil yang diperoleh dari penilaian kinerja dosen berdasarkan kepuasaan mahasiswa yaitu cluster sangat baik 312 (31,74%) data mahasiswa, cluster baik 401 (40,79%) data mahasiswa, cluster cukup baik 189 (19,23%) data mahasiswa, dan cluster kurang baik 81 (8,24%) data mahasiswa. Dan hasil DBI sebesar 0,270 atau 27%, sehingga tingkat akurasi dari hasil cluster termasuk baik, karena nilai DBI sudah mendekati nol.
Kata Kunci: Penilaian kinerja dosen, KDD, Data mining Clustering, K-Means, DBI
Unduhan
Referensi
Parlambang, Bagas, and Fauziah. 2020. “Implementasi Algoritma K-Means Dalam Proses Penilaian Kuesioner Kepada Dosen Guna Mendukung Kepuasan Mahasiswa Terhadap Dosen.” Jurnal Ilmiah Teknologi Dan Rekayasa 25(2):161–73. doi: 10.35760/tr.2020.v25i2.2719.
Puspita, Mita, I. Wyn Rinda, and I. Wyn Darsana. 2014. “Kinerja Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Pada Gugus 7 Kecamatan Penebel Kabupaten Tabanan.” Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD (Vol: 2 No: 1 Tahun 2014) 2.
Toyib, Rozali, and Surya Ade Saputera. 2019. “Aplikasi Sistem Penilaian Kinerja Guru Dengan Metode Decision Tree Menggunakan Algoritma ID3 ( Studi Kasus SLTP Negeri 3 Marga Sakti Bengkulu Utara ).” JTIS, Volume 2 Nomor 1, Februari 2019 ISSN : 2614 – 3070, E-ISSN : 2614 – 3089 2:1–7.
Virgo, Ismail, Sarjon Defit, and Yuhandri Yunus. 2020. “Klasterisasi Tingkat Kehadiran Dosen Menggunakan Algoritma K-Means Clustering (Studi Kasus Institut Agama Islam Batusangkar).” Jurnal Sistim Informasi Dan Teknologi 2(1):24–29. doi: 10.37034/jsisfotek.v2i1.22.
Wafa, Moh. Shohibul. 2013. “Evaluasi Kinerja Akademik Mahasiswa Menggunakan Algoritma K-Means Clustering.” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang 1:1–117.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis mengirimkan naskah dan pengertian bahwa jika diterima untuk proses dipublikasi, hak cipta dari artikel tersebut akan diberikan kepada jurnal ilmiah teknologi informasi asia. Jurnal ilmiah teknologi informasi asia dan Lp2m Stmik Asia Malang sebagai penerbit jurnal, komponen Hak cipta mencakup hak untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm, dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya.
Jurnal ilmiah teknologi infomasi asia, dan Lp2m ITB Asia Malang, beserta jajaran para redaksi berusaha keras untuk memastikan bahwa tidak ada data, opini, pernyataan yang salah atau menyesatkan ketika dipublikasikan di jurnal, dengan kondisi apapun, isi artikel dan iklan yang diterbitkan di Jurnal ilmiah teknologi infomasi asia adalah murni merupakan tanggung jawab masing-masing penulis dan pengiklan. Pengguna situs web ini akan dilisensikan dengan menggunakan materi dari situs web ini setelah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0. Tidak ada biaya yang dibebankan. Silakan gunakan materi yang sesuai.
Anda bebas untuk:
Bagikan - salin dan sebarkan materi dalam media atau format apa pun
Adaptasi - remix, transformasikan, dan bangun berdasarkan materi untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti ketentuan lisensi